Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Kunjungi Kebun Raya Bogor, Ratusan Pramuka Pelajari Tanaman Endemik Indonesia

Kunjungi Kebun Raya Bogor, Ratusan Pramuka Pelajari Tanaman Endemik Indonesia

Bogor | suarasumut.com  –  Peserta Lomba Tingkat Lima atau LT-V Gerakan Pramuka tengah mengikuti kegiatan jelajah rimba dengan mengunjungi tiga tempat, yaitu Kebun Raya Bogor, Bumi Perkemahan Mandala Kitri Cibodas, dan Istana Cipanas. Banyak pelajaran yang didapat Pramuka dalam mengikuti kegiatan yang dilombakan ini.

Saat di Kebun Raya Bogor, misalnya. Tempat ini dipilih karena Kebun Raya Bogor adalah tempat ribuan tanaman endemik dari seluruh Indonesia. Tempat ini ibarat laboratorium bagi masyarakat yang ingin mengenal lebih jauh tanaman langka.

“Di sini mereka akan mengeksplor tanaman-tanaman yang bermanfaat herbal, serta mengetahui tanaman spesifik endemik Indonesia,” ujar Andalan Nasional Gerakan Pramuka Bidang Lingkungan Hidup dan Kesakaan, Bayu Tresna di lokasi, Selasa (24/10).

Selain itu, tandas Bayu, tempat ini dipilih karena menyimpan banyak sejarah. Kebun Raya Bogor adalah hutan buatan di tengah kota peninggalan Belanda. Pada tahun 1800, Gubernur Belanda saat itu Jenderal Thomas Stamford Raffles, memang sengaja ingin membuat taman botani.

“Jadi, tempat ini memang khas, banyak mengandung sejarah. Anak-anak bisa belajar itu sambil melihat beberapa tanaman endemik. Mereka juga akan diajak untuk mengunjungi Istana Bogor,” jelasnya.

Jelajah rimba ini diadakan selama dua hari, hingga Rabu 25 Oktober 2017. Dari Kebun Raya Bogor, mereka bertolak menuju Cibodas untuk berkemah di Bumi Perkemaham Mandala Kitri. Rabu pagi, mereka menjelajah rimba menuju Istana Cipanas guna belajar sejarah.

Sebelumnya, 528 peserta LT-V ini sudah melakukan kegiatan jelajah budaya di hari pertama, Minggu 22 Oktober 2017. Mereka pergi ke Jakarta Pusat menggunakan kereta KRL guna mengunjungi Masjid Istiqlal, Gereja Katedral, Monumen Nasional, Museum Nasional, dan juga Kantor Kwarnas Gerakan Pramuka.

LT-V Gerakan Pramuka diselenggarakan pada 22-28 Oktober 2017 di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur. Kegiatan ini dibuka pada Senin pagi, 23 Oktober 2017 oleh Adhyaksa Dault, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka.

Sebagai informasi, LT-V adalah kegiatan yang sangat dinantikan dan prestisius, karena seleksi peserta yang sangat ketat. Regu yang bisa mengikuti Lomba Tingkat Lima (LT-V) adalah Regu yang menjuarai empat Lomba Tingkat (LT) sebelumnya, yaitu LT-I (tingkat Gugus Depan), LT-II (tingkat Kecamatan), LT-III (tingkat Kota/Kabupaten), dan LT-IV (tingkat Provinsi). Jadi, LT-V adalah pertemuan regu penggalang terbaik di Indonesia. Ibarat pertandingan sepakbola, LT-V adalah ‘Piala Dunianya’ Pramuka.(pr/ss-bg)

Lihat Juga

KCBI “Bidik” Pungli Dan Korupsi SMPN I Berastagi

Berastagi | suarasumut.com  –  Pimpinan Pusat LSM Kemilau Cahaya Bangsa Indonesia Kordinator Wilayah Sumut Dan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.