Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› KPU Nias Ekspost Kesiapan Untuk Menggelar Pilkada Kabupaten Nias

KPU Nias Ekspost Kesiapan Untuk Menggelar Pilkada Kabupaten Nias

Nias | suarasumut.com — Persiapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias dalam menggelar pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nias tanggal 9 Desember 2015 telah matang atau sempurna. Dari 85.829 pemilih yang tercantum dalam daftar pemilih tetap (DPT) Kabupaten Nias, ditemukan sebanyak 879 orang tidak emmenuhi syarat.

Hal tersebut diungkapkan Ketua KPU Kabupaten Nias Abineri Gulo pada rapat koordinasi pemantapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Nias tahun 2015 yang digelar di restaurant Grand Kartika, Jalan Yos Sudarso, Kota Gunungsitoli, Jum’at (4/12).

Rapat koordinasi yang dihadiri perwakilan dari Polres Nias Aipda.Benyamin Lase, Pemkab Nias Asisten I Maimun Zebua dan sejumlah PPK dan tokoh masyarakat dan pemuda Kabupaten Nias, Abineri menerangkan, rapat digelar untuk membicarakan dan mengkoordinasikan segala sesuatu terkait pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Nias.

Sehingga KPU Kabupaten Nias memiliki beban untuk menghadirkan segenap stakeholder yang ada di Kabupaten Nias, karena Pilkada adalah milik seluruh masyarakat Kabupaten Nias dalam memilih pemimpin Kabupaten Nias untuk lima tahun kedepan.

Logistik Telah Lengkap

Kepada seluruh peserta rapat yang hadir, Ketua KPU Kabupaten Nias dalam exspotnya memberitahu, seluruh jenis maupun komponen logistik keperluan TPS, KPPS, PPS dan PPK telah lengkap pada tanggal 3 Desember 2015 kemarin. Penyortiran juga telah selesai dilakukan pada hari yang sama, dan tanggal 3-6 Desember dilakukan pengkotakan logistik.

Sedangkan logistik menurut Abineri, didistribusikan dan dipastikan sampai diseluruh PPS tanggal 8 Desember 2015. Pendistribusian dimulai pukul 08.00 wib – 18.00 wib dengan pengawalan pihak keamanan dan Panwaslih.

DPT Ada Pengurangan

Pada kesempatan yang sama, Abineri menerangkan, dari 85.829 jumlah pemilih dari DPT Kabupaten Nias, sebanyak 879 pemilih telah dicoret. Pencoretan dilakukan karena pemilih tersebut tidak memenuhi syarat karena meninggal dunia, pindah domisili, ganda, kurang umur dan tidak dikenal.

Ke 879 pemilih yang dicoret tersebut tersebar di 102 Desa dari 170 Desa di kabupaten Nias dan 141 TPS dari 338 TPS di Kabupaten Nias. Sedangkan pemilih tambahan di Kabupaten Nias menurut ketua KPU berjumlah 231 pemilih, dimana 99 pemilih laki laki, 132 pemilih perempuan yang tersebar di 81 TPS dan 61 Desa.

Ketua KPU Kabuapten Nias menjabarkan jika dari 85.829 pemilih sesuai DPT Kabupaten Nias, sebanyak 40.553 pemilih laki laki dan 45.276 pemilih perempuan. Pemilih tersbeut tersebar di Kecamatan Bawalato 15.638 pemilih, Botomuzoi 4.940 pemilih, Gido 13.130 pemilih, Hiliduho 5.701 pemilih, Hiliserangkai 8.706 pemilih, Idano gawo 15.957 pemilih, Ma’u 5.640 pemilih, Sogae’adu 5.970 pemilih, Somolo Molo 3.165 pemilih dan Ulugawo 7.162 pemilih.

Pada kesempatan tersebut, Abineri menerangkan, KPU Kabupaten Nias telah melakukan tahapan verifikasi dan penetapan calon, sosialisasi, program dan jadwal kampanye dan pembentukan serta pelatihan bagi penyelenggara. KPU mengimbau seluruh warga Kabupaten Nias bersama sama mensukseskan dan mendukung Pilkada yang berintegritas di Kabupaten Nias tanggal 9 Desember 2015 dan berharap Pilkada dapat berjalan dengan kondusif, demokratis, aman dan damai dengan target partisipasi pemilih 80 persen.

Di tempat yang sama, perwakilan dari Polres Nias Aipda.Benyamin Lase dalam ekspostnya memberitahu, petugas PAM yang diterjunkan dalam pengamanan Pilkada di Kabupaten Nias ada sebanyak 1.017 personil. Personil dari Polres Nias sebanyak 107 personil, BKO 204 personil, perbantuan dari TNI 30 personil dan petugas PAM TPS atau Linmas sebanyak 676 personil.(sw/ss/ni)

Kata kunci terkait:
tanggal pilkada kabupaten nias

Lihat Juga

Terkait Mau Tampar Anggota, Kadis Pendidikan Akan Nasehati Oknum KUPT Ransel

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Terkait ocehan Oknum Kepala Unit Pelaksana Tehnik (KUPT) Dinas Pendidikan,Kecamatan Rantau ...