Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Kota Jambi Dan Kabupaten Muaro Bungo Alami Inflasi

Kota Jambi Dan Kabupaten Muaro Bungo Alami Inflasi

Jambi, suarasumut.com – Badan pusat statistik (BPS) Provinsi Jambi mengeluarkan berita resmi statistik terhadap perkembangan ekonomi, harga produksi petani, pariwisata dan Industri Manufaktur.

Hal ini disampaikan oleh Kepala BPS Provinsi Jambi Yos Rusdiansyah, yang turut mendampinginya Toto Abdul Fatah Kepala Bidang Statistik Distribusi, Ahmad Fauzie Kepala Bidang Statistik Produksi di Aula BPS Provinsi Jambi, Senin(04/05) dan di hadiri beberapa utusan masing-masing lingkup SKPD Provinsi Jambi.

Dikatakan oleh Yos, BPS Provinsi Jambi mengambil berita resmi statistik untuk perkembangan indeks harga konsumen atau tingkat inflasi. “BPS mengangkat inflasi yang terjadi pada Kota Jambi dan Kabupaten Muaro Bungo yang terjadi pada bulan April yang lalu,”terangnya.

Pada Kota Jambi inflasinya bulan April sebesar 0.30 persen dan Kabupaten Muaro Bungo sebesar sebesar 0.09 persen. Inflasi yang terjadi pada Kota Jambi dan Kabupaten Muaro Bungo ada 6 (enam) kelompok pengeluaran barang dan jasa, penyebabnya ada peningkatan indeks.

“Inflasi Kota Jambi mengalami Indeks peningkatan, kelompok pengeluaran; makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0.87 persen. Kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar sebesar 0.16 persen,”paparnya.

Dilanjutkannya, kelompok sandang sebesar 0.09, kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 1.87 persen. Sedangkan Kabupaten Muaro Bungo, juga terjadi pada peningkatan indeks harga 6 (enam) kelompok pengeluaran; kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0.68 persen, kelompok perumahan, air, listrik, gas, bahan bakar sebesar 0.20, kelompok sandang sebesar 0.10 persen, kelompok kesehatan sebesar 0.05 persen, kelompol pendidikan, rekreasi, olah raga sebesar 0.09 persen serta kelompok transport, jasa keuangan sebesar 1.81 persen.

“Selain terjadinya inflasi untuk Kota Jambi dan Kabupaten Muaro Bungo, juga mengalami perbandingan inflasi antar kota dalam indeks harga konsumen (IHK) se-Sumatera bulan April 2015, Kota Jambi berada pada peringkat 19, nilai inflasi/deflasinya 0.30 persen dan

IHK sebesar 117.30 persen. Kabupaten Muaro Bungo inflasi/deflasi sebesar 0.09 persen, IHK sebesar 116.17 persen ini dinilai dari 23 Kota se-Sumatera,”ujarnya.

Inflasi tertinggi terjadi pada Kota Lubuk Linggau sebesar 0.99 persen dan terendah pada Kota Banda Aceh sebesar 0.08 persen.(ik/ss/jb)

Lihat Juga

Naposo Silau Raja Medan

Naposo Silau Raja Boru Bere Kota Medan Adakan Natal Di Bulan Desember

Medan | suarasumut.com  –  Naposo Silau Raja Boru, Bere se Kota Medan akan merayakan perayaan ...