Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Kabar Sumut ›› Gunungsitoli ›› Korupsi Dana Setwan DPRD Kota Gunungsitoli T.A 2012 : Berkas Tersangka SZ Akan Dilimpahkan Ke JPU

Korupsi Dana Setwan DPRD Kota Gunungsitoli T.A 2012 : Berkas Tersangka SZ Akan Dilimpahkan Ke JPU

Gunungsitoli, suarasumut.com  —  Berkas tersangka kasus dugaan korupsi Dana Sekretariat DPRD Kota Gunungsitoli Tahun Anggaran 2012 SZ, akan dilimpahkan kepada Jaksa Penuntut Umum dalam bulan ini. Pelimpahan berkas SZ dilakukan untuk tindaklanjut pelaksanaan proses persidangan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasipidsus) Kejaksaan Negeri Gunungsitoli Junius Zega, SH, MH, ketika ditemui di ruang kerjanya, di kantor Kejari Gunungsitoli, Jalan Soekarno, Kelurahan Pasar, Kota Gunungsitoli, Rabu (2/9).

“Kita telah melakukan pemeriksaan terhadap SZ sebagai tersangka sebanyak dua kali. Dari hasil pemeriksaan SZ, kita akan merampungkan berkasnya, untuk kemudian kita limpahkan dalam bulan ini kepada JPU guna proses persidangan,” terang Kasipidsus.

Namun, sebelum proses pelimpahan, Junius memberitahu, penyidik terlebih dahulu akan melakukan ekspost ke Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara. Berdasarkan hasil ekspost, akan diketahui apakah berkas tersebut disetujui atau layak untuk dilimpahkan ke JPU guna melakukan proses persidangan.

Tersangka SZ Belum Ditahan

Kepada wartawan, Junius mengakui jika hingga saat ini tersangka SZ tidak ditahan. Alasan tidak dilakukannya penahanan, karena tersangka SZ koorperatif, tidak akan menghilangkan barang bukti dan akan mengikuti proses persidangan.

Sedangkan tersangka lainnya mantan bendahara Setwan DPRD Kota Gunungsitoli FH, kini sedang menjalani hukuman, karena hukuman FH telah diputuskan Hakim Tipikor Medan selama 4 tahun penjara.

Untuk diketahui, dalam kasus dugaan korupsi dana Setwan DPRD Kota Gunungsitoli, penyidik Kejari Gunungsitoli hanya menetapkan mantan Setwan SZ dan Bendahara FH sebagai tersangka. Kerugian negara dalam kasus tersebut menurut audit adalah sebesar Rp 800 juta.

FH sempat menjadi DPO Kejari Gunungsitoli, dan berhasil ditangkap berkat kerjasama Kejaksaan Tinggi Jawa Barat dan Kejati Sumatera Utara, di Kabupaten Tasikmalaya tahun 2014 yang lalu.(ih/ss/gs)

Lihat Juga

Tidak Semua Program Dan Kegiatan Yang Telah Ditetapkan Dapat Dilakukan Oleh Pemerintah Sendiri

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Pemerintah menyadari bahwa tidak semua program dan kegiatan yang telah ditetapkan ...