Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Kabar Sumut ›› Gunungsitoli ›› Korupsi Dana Hibah KPUD Nias Utara Naik Sidik

Korupsi Dana Hibah KPUD Nias Utara Naik Sidik

Gunungsitoli | suarasumut.com  —  Kasus dugaan korupsi dana hibah Pemerintah Kabupaten Nias Utara kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Nias Utara untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2010/2011 telah ditingkatkan kepenyidikan.

Penyidik Kejaksaan Negeri Gunungsitoli menemukan sejumlah pembayaran fiktif dan pelaksanaan kegiatan fiktif yang telah tercantum dalam surat pertanggungjawaban penggunaan dana hibah.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Gunungsitoli Yus Iman Harefa, SH ketika ditemui di ruang kerjanya di kantor Kejaksaan Negeri Gunungsitoli, Jalan Soekarno, Kelurahan Pasar, Kota Gunungsitoli, Kamis (16/2).

“Kita sudah tingkatkan kasus dugaan korupsi dana hibah Pemkab Nias Utara kepada KPUD Nias Utara guna pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Nias Utara tahun 2010/2011. Dana hibah tersebut besarnya kurang lebih Rp 6,5 milliar, dan realisasi sesuai SPJ kurang lebih sebesar Rp 5,5 milliar,” terang Yus Iman.

Dari hasil pemeriksaan sejumlah saksi, Kejari Gunungsitoli menemukan pembayaran fiktif, dan kegiatan fiktif. Sehingga, Kejari Gunungsitoli menaikkan status kasus tersebut dari penyelidikan ke penyidikan.

Tidak lupa, Yus Iman mengatakan jika Kejari Gunungsitoli telah memeriksa Ketua, Sekretaris dan Bendahara KPUD Nias Utara tahun 2010/2011. Ketua KPUD saat itu berinisial EZ, sekretaris OH dan bendahara KH serta YB.(AL)

Lihat Juga

Sosialisasi Seleksi, Pembinaan Calon Anggota Polri, Polres Tapteng MoU Dengan Pemkab

Tapteng | suarasumut.com –  Melahirkan serta meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi generasi muda Tapanuli ...