Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Kontras Lapor Kejanggalan Kasus Terpidana Mati Di Nias, Poldasu Turunkan Tim

Kontras Lapor Kejanggalan Kasus Terpidana Mati Di Nias, Poldasu Turunkan Tim

Nias, suarasumut.com — Karena Komisi Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KontraS) melaporkan dugaan kejanggalan pada penetapan hukuman mati terhadap terpidana mati Yusman Telaumbanua (16) di Pulau Nias tahun 2013 yang lalu, Polisi daerah Sumatera Utara (Poldasu) melakukan investigasi selama tiga hari di Pulau Nias.

Kontras menduga Yusman Telaumbanua terpidana mati kasus pembunuhan terhadap Koli Marinus Zega, Rugun Br Sihaloho, dan Jimmy Girsang, di Desa Gunungtua, Kecamatan Tugala Oyo, Kabupaten Nias Utara, tahun 2012 yang lalu, masih berumur 16 tahun saat divonis mati tahun 2013 oleh hakim Pengadilan Negeri Gunungsitoli.

Tim dari Polda Sumatera Utara yang terdiri dari unsur Itwasda, Propam dan Brimob Polda Sumut, yang dipimpin Irbid Ops Itwasda Poldasu AKBP.Gunawan Eko Susilo, S.Ik, melakukan investigasi di Mapolres Nias dengan memeriksa sejumlah orang dekat dan pihak yang mengetahui penyidikan kasus tersebut.

AKBP.Gunawan Eko Susilo, S.Ik yang diwawancarai wartawan di Mapolres Nias, Kamis (19/3), membenarkan, mereka diperintahkan Kapolda melakukan investigasi terkait laporan KontraS di Polda Sumut terkait kasus terpidana mati Yusman telaumbanua dan Rihala Hia alias Ama Sini.

Jumlah tim yang diterjunkan ke Pulau Nias ada enam orang, semua berasal dari unsur Itwasda, Propam dan Brimob Polda Sumut, dan akan melakukan investigasi terkait laporan KontraS terkait indikasi jika Yusman Telaumbanua masih berumur 16 tahun saat dijatuhi hukuman mati oleh hakim PN Gunungsitoli.

Mereka juga melakukan investigasi dugaan kekerasan terhadap kedua terpidana mati saat diperiksa penyidik Polres Nias dan tidak didampingi penasehat hukum, serta melakukan langkah langkah dengan data awal yang ada, dimana dari KontraS ada surat baptis dari Gereja Bethel dan melakukan penyelidikan keberadaan Gereja Bethel yang mengeluarkan surat baptis tersebut.

Investigasi yang telah dilakukan tim dari Poldasu menurut Irbid Ops Itwasda Poldasu yang didampingi Kapolres Nias dan Kasat Reskrim ketika melakukan wawancara dengan wartawan, telah menanyakan langsung kepada kakak kandung Yusman Telaumbanua, Yosa,ati Telaumbanua alias Ina Sini terkait kebenaran usia Yusman Telaumbanua.

Dimana , Yosa,ati Telaumbanua alias Ina Sini yang saat ini berumur 30 tahun merupakan kakak tertua dari Yusman Telaumbanua, mengaku tidak tahu jelas umur Yusman, namun mengakui jika Yusman anak ketiga dari lima bersaudara, dan memperkirakan umurnya dengan Yusman hanya terpaut 4-5 tahun.

Selain kepada kakak kandung Yusman, tim Polda Sumut juga telah menanyakan langsung kepada teman sekolah Yusman, serta mengumpulkan semua data untuk mensinkronkan informasi kepastian umur Yusman sesungguhnya.
Mengenai kekerasan selama menjalani pemeriksaan 2012 silam, mereka telah memeriksa penasehat hukum dan penyidik kedua terpidana, dan setelah melakukan pemeriksaan, terpidana selama pemeriksaan tetap didampingi penasehat hukum dan tidak mengalami kekerasan.(sh/ss/ni)

Lihat Juga

Terkait Mau Tampar Anggota, Kadis Pendidikan Akan Nasehati Oknum KUPT Ransel

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Terkait ocehan Oknum Kepala Unit Pelaksana Tehnik (KUPT) Dinas Pendidikan,Kecamatan Rantau ...