Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Citizen Journalism ›› KMSU Jakarta Gelar Diskusi Publik Tentang Pembangunan Daerah Dan Nasionalisme

KMSU Jakarta Gelar Diskusi Publik Tentang Pembangunan Daerah Dan Nasionalisme

Jakarta, suarasumut.com – Komunitas Mahasiswa Sumatera Utara (KMSU) Jakarta menggelar Diskusi Publik tentang Pembangunan Daerah dan Nasionalisme di Aula Utama Student Center UIN Jakarta. Acara tersebut diberi tema “Tafsir Baru Indonesia; Merumuskan Jalan Baru Nasionalisme Dan Peran Pemuda Daerah Dalam Meretas Masa Depan Bangsa”.

Diskusi publik tersebut menghadirkan Dahnil Anzar Simanjuntak (Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah), Edrida Pulungan (Speech Writer Ketua DPD RI), dan Moksen Sirfefa (Staf Khusus Presiden RI asal Papua) sebagai pembicara.

KMSU Jakarta mengaku prihatin dengan kondisi pembangunan daerah yang telah jauh dari cita-cita kemerdekaan. Mereka menilai pembangunan nasional selama ini lebih banyak terpusat di ibu kota, sedangkan daerah kondisinya amat memprihatinkan.

Hal tersebut dinyatakan Ketua Umum KMSU Jakarta, Muhammad Syafii Pasaribu di sela-sela acara, Kamis (27/11).

Ia menambahkan, berkumpulnya mahasiswa-mahasiswa daerah asal Sumatera Utara ini merupakan titik puncak atas ketidakpuasan mahasiswa terhadap diskriminasi pembangunan yang dilakukan oleh pemerintahan pusat terhadap daerah. “Kami organisasi mahasiswa yang bersifat kedaerahan asal Sumatera Utara menyatakan siap memperjuangkan pembangunan daerah yang selama ini dianaktirikan.

Kami minta pemerintahan pusat lebih memperdulikan daerah, berikan wewenang yang proporsional agar pembangunan daerah menjadi penggerak utama pembangunan nasional, bukan sebaliknya,” ucap Syafii Pasaribu.

Ia juga berpendapat, tidak ada jalan keluar lain bagi bangsa Indonesia ketika menghadapi kompetisi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015, selain kembali pada kearifan lokal dan menjadikan daerah sebagai basis kekuatan ekonomi nasional.

“Kami Mahasiswa asal Sumatera Utara secara lahir batin siap untuk mengembalikan fitrah pembangunan nasional ke daerah agar bangsa kita kuat dalam menghadapi era kompetitif ini,” pungkasnya.

KMSU Jakarta mengucapkan terimakasih kepada Ketua DPRD Sumatera Utara dan Kepala Kantor Penghubung Sumatera Utara di Jakarta yang telah membantu mensukseskan acara ini, baik moril maupun materiel.

Diskusi Publik yang dipadati oleh ratusan mahasiswa lintas daerah ini juga selain menampilkan kesenian asal Sumatera Utara seperti tarian tor-tor dan nyanyian Batak, juga menampilkan pentas seni budaya dari provinsi lain seperti debus dari mahasiswa Banten, tarian dari mahasiswa Minang, dan nyanyian daerah dari mahasiswa Maluku.(cc/ss/jkt)

Kata kunci terkait:
muhammad syafii pasaribu, muhsmmad syafei pasaribu, Syafai pasaribu, ust muhammad syafii pasaribu

Lihat Juga

Brakk!!! Mega Pro vs Vario, Satu Tewas, Satunya Lagi Kritis

TAPTENG | suarasumut.com  –  Lakalantas antara Mega Pro Bk 5800 ZAD vs Vario BB 5440 ...