Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Ketua TP PKK Labuhanbatu Tinjau Pelaksanaan KB MOW Di RSUD Rantauprapat

Ketua TP PKK Labuhanbatu Tinjau Pelaksanaan KB MOW Di RSUD Rantauprapat

RANTAUPRAPAT, suarasumut.com – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu dr Hj Fitra Laila, Sp.THT didampingi Kaban Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Hj Lidiyawati Harahap, S.Psi serta Kepala Rumah Sakit Umum Daerah
Rantauprapat dr. H M Natsir Pohan, Sp.B, Kamis (30/10) meninjau pelaksanaan keluarga berencana MOW bagi ibu-ibu usia produktif secara gratis di RSUD Rantauprapat.

Pelayanan Keluarga Berencana secara gratis bagi ibu-ibu yang masih usia produktif ini adalah atas kerjasama Perkumpulan Kontrasepsi Mantap Indonesia (PKMI) Sumatera Utara dengan BKKBN Sumut, Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu, Dinas Kesehatan, BP2KB, IBI dan RSUD Rantauprapat dengan jenis layanan Kontap Wanita atau MOW (Metoda Operasi Wanita) yang dalam pelaksanaanya langsung ditangani oleh dr Jenius L Tobing, SpOG dari PKMI Sumatera Utara.

Kontrasepsi mantap (kontap ) adalah suatu tindakan untuk membatasi keturunan dalam jangka waktu yang tidak terbatas; yang dilakukan terhadap salah seorang dari pasangan suami isteri atas permintaan yang bersangkutan, secara mantap dan sukarela. Kontap dapat diikuti baik oleh wanita maupun pria. Tindakan kontap pada wanita disebut kontap wanita atau MOW (Metoda Operasi Wanita ) atau tubektomi, sedangkan pada pria MOP (Metoda Operasi Pria) atau vasektomi. Kontrasepsi mantap pada wanita atau MOW (Metoda Operasi Wanita) atau tubektomi, yaitu tindakan pengikatan dan pemotongan saluran telur agar sel telur tidak dapat dibuahi oleh sperma.

Dalam kegiatan pelayanan kontap wanita yang disaksikan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu dr Hj Fitra Laila, Sp.THT yang langsung ditangani oleh dr Jenius L Tobing, SpOG ini pesertanya adalah sebanyak 46 orang warga masyarakat Labuhanbatu yang berasal dari Kecamatan Rantau Selatan 7 orang, Kecamatan Rantau Utara 13 orang, Bilah Hulu 3 orang, Bilah Barat 5 orang, Panai Hulu 4 orang, Pangkatan 9 orang, Bilah Hilir 2 orang dan Kecamatan Panai Hilir sebanyak 3 orang.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu dr Hj Fitra Laila, Sp.THT saat melakukan peninjauan ke RSUD Rantauprapat tersebut merasa bangga dan mengucapkan terimakasih kepada dr Jenius L Tobing, SpOG dari Perkumpulan Kontrasepsi Mantap Indonesia (PKMI) Sumatera Utara yang telah melaksanakan kerjasama dengan Pemkab Labuhanbatu dalam memberikan pelayanan Kontrasepsi Mantap pada Wanita atau MOW dengan baik dan sukses serta berjalan dengan lancar.

“Mudah-mudahan kegiatan seperti ini dapat lebih berkesinambungan dan inilah salah satu upaya yang dilakukan Pemkab Labuhanbatu dibawah kepemimpinan dr H Tigor Panusunan Siregar, SpPD untuk meningkatkan derajat kesehatan serta kesejahteraan masyarakat Kabupaten Labuhanbatu sehingga Angka Kematian dan Kesakitan IBU (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) dapat lebih menurun, dan kegiatan ini adalah salah satu upaya atau metode keluarga berencana sterilisasi pada wanita dengan tubektomi yaitu tindakan pengikatan dan pemotongan saluran telur agar sel telur tidak dapat dibuahi oleh sperma,”jelas Fitra Laila.(ta/ss/lb)

Lihat Juga

Terkait Mau Tampar Anggota, Kadis Pendidikan Akan Nasehati Oknum KUPT Ransel

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Terkait ocehan Oknum Kepala Unit Pelaksana Tehnik (KUPT) Dinas Pendidikan,Kecamatan Rantau ...