Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› Ketua TP. PKK Labuhanbatu Tinjau Kegiatan Pelayanan KB MOW Di RSUD Rantauprapat

Ketua TP. PKK Labuhanbatu Tinjau Kegiatan Pelayanan KB MOW Di RSUD Rantauprapat

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Hj. Siti Awal Pangonal Harahap didampingi Plt, Kepala Dinas Kesehatan H Hasnul Basri, S.Sos, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Hj. Lidyawati Harahap, S.Psi, M.AP serta Plt. Direktur RSUD Rantauprapat Dr. Syafril Rahmadi Maulana Harahap, SPB meninjau langsung pelaksanaan kegiatan Pemberian Pelayanan KB MOW (Metoda Operasi Wanita), Kamis (28/9) di RSUD Rantauprapat.

Menurut Hj. Siti Awal Pangonal Harahap, bahwa maksud kunjungannya ke Rumah Sakit Umum Daerah Rantauprapat ini adalah ingin melihat langsung kegiatan pemberian pelayanan KB MOW kepada warga masyarakat secara gratis dari sembilan wilayah kecamatan dalam daerah Kabupaten Labuhanbatu.

“Kegiatan pemberian pelayanan KB MOW yang dilaksanakan ini adalah dalam rangka kegiatan Bakti Sosial TNI-KB-KES yang tujuannya adalah untuk meningkatkan pelayanan KB dan menurunkan angka kelahiran, menurunkan angka kematian ibu dan bayi serta pengendalian jumlah penduduk di Kabupaten Labuhanbatu,”jelas Siti Awal.

Istri H Pangonal Harahap, SE, M.Si ini menambahkan bahwa didalam 10 Program Pokok PKK kegiatan seperti ini berada di poin ke-7 yaitu Kesehatan, Kesehatan adalah kebutuhan dasar manusia. Orang harus belajar bagaimana cara menjaga, memelihara kesehatan diri, keluarga dan lingkungannya. Memelihara kesehatan diri sendiri, keluarga dan lingkungannya sangat erat kaitannya dengan persoalan kemiskinan dan ketidak tahuan, serta pendidikan yang rendah.

Setiap orang mempunyai tugas kewajiban dan bertanggung-jawab untuk memelihara kesehatan diri sendiri, keluarga dan lingkungannya. Orang harus tahu dan mewujudkannya dalam sikap hidup sehari-hari untuk hidup bersih dan sehat, menjaga lingkungan yang sehat, baik di dalam, maupun diluar rumah. Perhatian khusus ditujukan pada kesehatan ibu dan anak, pasangan usia subur, ibu hamil dan ibu menyusui, jelas Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu ini.

Sementara, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Hj. Lidyawati Harahap, S.Psi, M.AP menambahkan, bahwa kegiatan pemberian pelayanan KB MOW ini pesertanya adalah kaum ibu dari 9 kecamatan dengan jumlah total sebanyak 70 orang yang dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah Rantauprapat yang langsung ditangani oleh dokter dan tenaga medis dibantu petugas dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, TNI dan Dinkes serta RSUD Rantauprapat.

Disisi lain Lidiyawati menjelaskan, dipilihnya Metoda Operasi Wanita (MOW) ini adalah salah satu bagian dari program Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dalam bidang Keluarga Berencana, dimana MOW ini bisa menekan angka kelahiran yang sangat evisien terhadap ibu rumah tangga yang masih berada dalam tahapan usia subur.

Dalam kunjungan dan kegiatan pelayanan KB MOW tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu beserta rombongan menyempatkan diri untuk melihat para ibu-ibu pasien yang mau melahirkan dan yang sudah melahirkan di RSUD Rantauprapat tersebut,. (ab/ss-lb)

Kata kunci terkait:
https://yandex ru/clck/jsredir?from=yandex ru;search;web;;&text=&etext=1837 TYQ96nAdaqlWbxe2RoFruG6ToW5t3N2wCQFDG82uthTu35uoHaPMb6--w_vCChT4 158641f75bf1abf7cee2c000507409082688aba2&uuid=&state=_BLhILn4SxNIvvL0W45KSic66uCIg23qh8iRG98qeIXme

Lihat Juga

Ket. Gbr : Bupati H Syahrul M Pasaribu SH bersama Wabup Ir H Aswin Efendi Siregar saat memberikan hadiah dan piagam kepada pemenang lomba B2SA tingkat Tapsel, Rabu (17/10-3018). Foto Ali Akbar/ss

Kecamatan Batang Angkola Sabet Juara Lomba Cipta Menu B2SA Tingkat Tapsel

Tapanuli Selatan | suarasumut.com  –  Kecamatan Batang Angkola meraih juara pertama dalam acara lomba cipta ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.