Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› Ketua PN Rantauprapat Tahan Terdakwa Tanpa Dasar Penetapan

Ketua PN Rantauprapat Tahan Terdakwa Tanpa Dasar Penetapan

Rantauprapat, suarasumut.com – Marsita Boru Tohang (26) warga Bilah Hilar, Kabupaten Labuhanbatu yang tersangkut kasus penganiayaan terhadap Redita (40) yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Rantauprapat, Rabu (4/3) sekira pukul 16.15 wib, yang di Ketuai Tumpal Sagala,SH terpaksa ditahan di Sel karena diduga ucapan Riska tidak enak didengar oleh Hakim.

Padahal Riska yang semulanya menceritakan kronologis penganiayaan itu di Ruang Sidang Utama (Cakra) atas permintaan Ketua Majelis.

“Nggak tahu aku bang, entah apa masalahnya tiba tiba aku di perintahkan Ketua Majelis untuk ditahan, dan dasar penetapannya pun untuk perintah ditahan tidak ada, dan aku pun koperatif,”kesal Riska saat ditemui suarasumut.com diruang Sel Pengadilan Negeri Rantauprapat.

Menurutnya, jika ia salah dalam mengucapkan kata-kata terhadap majelis, tidak semestinya ia diperlakukan seperti teroris. “Sumpah aku bang ngak tahu dasarnya ditahan, udalah bang jangan tanyak-tanyak dulu pening kepala ku ini,”ungkap Riska.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ulpa,SH mengatakan atas penahanan itu sudah gawean majelis. “Sudah Tahanan Hakim itu bang tersangkanya, jadi aku nggak bisa bilang apa-apa, memang sewaktu di polisi tidak ditahan, dan tempat kami di tahan tapi tahanan kota,sesuai pasal 351 ayat 1,”Jelas Ulpa.

Sementara Humas PN Rantauprapat Armansyah Siregar,SH.MH saat diminta tanggapan atas penahan terdakwa Riska mengatakan seharusnya terlebih dahulu adanya surat penetapan penahanan terhadap tersangka.

“Memang harus ada dulu surat penetapan penahanan baru bisa ditahan, tapi besoklah ya aku tanya dulu sama ketua majelisnya,”terang Armansyah.

Pantauan suarasumut.com di Persidangan yang semulanya persidangan beragendakan pemeriksaan saksi tiba-tiba Tumpal Sagala memerintahkan JPU dan Polisi agar menahan tersagka dengan menyebut,” Tahan ini.Tahan ini,”sebut Tumpal meski persidangan sedang berlangsung.(ao/ss/rp)

Lihat Juga

Sosialisasi Seleksi, Pembinaan Calon Anggota Polri, Polres Tapteng MoU Dengan Pemkab

Tapteng | suarasumut.com –  Melahirkan serta meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi generasi muda Tapanuli ...