Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Ketua Kwarcab Labuhanbatu Buka Pendidikan Dasar

Ketua Kwarcab Labuhanbatu Buka Pendidikan Dasar

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Ketua Kwarcab Pramuka Labuhanbatu, Hj Siti Awal Siregar membuka pelatihan Pendidikan Dasar (Dikdas) pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Dalkarhutla) tingkat Nasional tahun 2017, Jumat (28/7).

dipusatkan di markas Manggala Agni Balai Pengendalian Perubahan Iklim, Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Sumatera Daerah Operasi Labuhanbatu, Desa Padangrie Kecamatan Kotapinang, Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) tersebut, diikuti sekitar 103 peserta dari tingkat Saka.

Dalam sambutannya, Hj Siti Awal mengatakan, melalui tema kegiatan “Pramuka Sahabat Manggali Agni” itu, kader Pramuka diharapkan dapat menjadi agen terdepan dalam aspek pemadaman, pencegahan sekaligus pasca kebakaran.

Kepada nara sumber yang datang dari Jakarta, dimintakannya dapat memberikan berbagai ilmu serta pengalaman kepada adik-adik penegak pramuka guna mewujudkan harapan, terlebih Labuhanbatu masuk kawasan rawan kebakaran.

Sementara, dari Kwarnas Saka Wana Bakti, menjelaskan, peserta harus sadar dan bangga karena sudah menjadi orang pilihan untuk mengikuti pelatihan dasar tersebut.

“Fokus dan ikuti betul apa yang diberikan, praktikkan serta tularkan di sekolah, lingkungan sekitar dan masyarakat. Kita harus sepakat menjalankan pramuka dengan baik,” pintanya.

Apa yang dilatihkan hari ini, sambungnya, semua sudah dipersiapkan untuk kedepan, diantaranya regenerasi kepemimpinan. Maka, pihaknya akan terus membekali ilmu semaksimal mungkin.

Kepada peserta, dia berpesan agar tetap fokus dan memperhatikan apa saja yang diberikan oleh pengajar khususnya Dalkarhutla.

“Tingkatkan gotongroyong, toleransi yang tinggi. Perhatikan semua agar dapat dipraktekkan kedepannya,” sarannya lagi.(ab/ss-lb)

Lihat Juga

KSOP Gunungsitoli Gelar Diklat Gratis Untuk Nelayan Gunungsitoli, suarasumut.com-- Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas V Gunungsitoli gelar pendidikan dan pelatihan pemberdayaan masyarakat kapal layar motor (KLM) secara gratis untuk nelayan di Kepulauan Nias. Jika berminat, nelayan di Kepulauan Nias bisa mendaftar di kantor KSOP Gunungsitoli, Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Saombo, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara mulai tanggal 17 Oktober sampai 1 November 2018. Hal tersebut disampaikan kepala KSOP Kelas V Gunungsitoli Merdi Loi ketika di temui di kantor KSOP kelas V Gunungsitoli, Jum,at 19 Oktober 2018. Merdi memberitahu, diklat gratis kepada nelayan kerjasama dengan Politeknik Pelayaran Sumatera Barat, dan digelar selama lima hari atau tanggal 12 sampai 16 November 2018 di komplek pelabuhan Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara. Nelayan yang berminat bisa mendaftar di kantor KSOP dengan membawa surat keterangan tidak mampu dari Kepala Desa dan surat keterangan sehat dan tidak buta warna dari rumah sakit pemerintah. Membawa foto copy izajah minimal SD, dan bagi yang tidak punya izajah bisa diberi dispenisasi harus benar-benar nelayan, foto copy KTP/SIM, umur minimal 16 tahun dibuktikan surat akte kelahiran atau surat keterangan lahir dari Kepala Desa, foto ukuran 3x4 latar belakang berwarna dan mengisi formulir pendaftaran. Untuk snack dan makan siang para peserta selama pelaksanan diklat kita yang menanggung, dan usai mengikuti diklat, para peserta akan mendapat sertifikat basic safety training (BST) nelayan, sertifikat keterangan kecakapan (SKK) nelayan dan alat keselamatan (life jacket). Tidak lupa Merdi menambahkan jika pada tanggal 2 November 2018 akan dilakukan pemeriksaan buta warna oleh tim Dokter Politeknik Pelayaran Sumatera Barat dan selama pendaftaran dan pelaksanaan diklat sampai diterbitkan sertifikat, peserta diklat tidak dipungut biaya apapun atau gratis. "diklat khusus kita gelar bagi masyarakat yang benar benar nelayan dan tidak diterima peserta diklat yang profesinya bukan nelayan.AL

Meriahkan HUT Pemko Padangsidimpuan 158 Anak SD Dan TK Ikuti Lomba Mewarnai

Padangsidimpuan | suarasumut.com  –  Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemko Padangsidimpuan yang ke-17 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.