Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› Ketua Germades Labura Minta KPK Mengaudit Dana Desa

Ketua Germades Labura Minta KPK Mengaudit Dana Desa

Medan | suarasumut.com  –  Dana Desa adalah dana yang bersumber dari anggaran pendapatan dan biaya negara yang diperuntukkan bagi desa yang diransfer melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah kabupaten/kota. Yang digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintah, pembangunan, serta pemberdayaan masyarakat pembangunan,dan kemasyarakatan.

Fokus penting dari penyaluran dana ini terkait pada inflementasi pencairan dana desa agar bisa lebih sempurna diseluruh penjuru nusantara.

Berbeda dengan yang dialami oleh Kabupaten Labuhanbatu Utara, dimana pencairan Dana Desa tersebut menyimpang dari perkiraan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat. Bupati Labuhanbatu Utara dan Kepala Desa se-Labura tidak mengindahkan PP No.6 tahun 2016, dan Menteri Keuangan Republik Indonesia No 49/PMK 07/2016 tentang tata cara pengalokasian penyaluran,pengunaan pemantauan dan evaluasi Dana Desa.

Maka dari itu kami dari Gerakan Mahasiswa Desa Labuhanbatu Utara (Germades Labura) yang konsen berbicara tentang desa turun kejalan, melakukan aksi damai dibundaran SIB 25 september 2017  siang. dengan mengangkat Issue: MENDESAK KPK UNTUK TURUN LANGSUNG MENGAUDIT DANA DESA DI LABUHANBATU UTARA..

Aksi yg berlangsung damai ini dipimpin langsung oleh Ketua Germades Labura Saleh J Saragi. Ia mengatakan
pencairan dana desa selama tiga tahun dilabura tidak pernah berjalan sesuai aturan yang ada. Lemahnya pengawasan dari aparat penegak hukum jugak membuat Bupati/Kepala Desa hingga saat ini melakukan praktek2 korupsi.

“Kita melihat peranan dan tugas pendamping desa yang tidak sesuai dengan yang diamanatkan oleh UU no 6 Tahun 2014. Maka dari itu kami mendesak Menteri Desa dan PDTT untuk kembali mengevaluasi kinerja Pendamping Desa.

 

Lihat Juga

Bupati Taput Resmikan Listrik Tenaga Turbin Di Desa Lobusihim Kecamatan Simangumban

Taput | suarasumut.com  –  Usai sambut Kunjungan Presiden RI Joko Widodo, pada malam harinya Bupati ...