Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Ketua DPRD Ajak Warga Kota Gunungsitoli Tolak Money Politik

Ketua DPRD Ajak Warga Kota Gunungsitoli Tolak Money Politik

Gunungsitoli | suarasumut.com — Ketua DPRD Kota Gunungsitoli Herman Jaya Harefa, S.PdK mengajak unsur pimpinan daerah, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan masyarakat Kota Gunungsitoli untuk menolak politik uang (Money Politik) pada pemilihan Wali Kota dan wakil Wali Kota Gunungsitoli tahun 2015.

Herman juga mengajak unsur pimpinan daerah di Kota Gunungsitoli, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat membuat kesepakatan untuk menetapkan pelaku money politik sebagai manusia terkutuk, penjahat, pembohong, penghianat demokrasi dan calon koruptor.

Ajakan tersebut dicetuskan pada rapat koordinasi lintas sektoral forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopinda) Kota Gunungsitoli yang digelar di aula Samaeri, Kantor Wali Kota Gunungsitoli, Jalan Pancasila, Desa Mudik, Kota Gunungsitoli, Selasa (1/12).

Selain itu, dia mengajak seluruh masyarakat Kota Gunungsitoli untuk tidak memilih pemimpin yang memberikan suap, dan bersama Forkopimda membuat kesepakatan bersama untuk menciptakan Pilkada Kota Gunungsitoli menjadi Pilkada yang berkualitas dan bersih.

“Saya mewakili DPRD Kota Gunungsitoli, meminta Wali Kota Gunungsitoli memerintahkan seluruh jajarannya, untuk memastikan seluruh gereja dan rumah ibadah yang ada di Kota Gunungsitoli membaca kesepakatan penolakan politik uang. Saya juga sebagai ketua DPRD Kota Gunungsitoli siap mengkopi dalam jumlah banyak, dan membagikan kesepakatan tersebut dari pintu ke pintu,” tegas Herman Jaya Harefa.

Panwaslih Siap Awasi Pilkada Kota Gunungsitoli

Sebelumnya, dalam paparan komisioner pengawas pemilih (Panwaslih) Kota Gunungsitoli Budi Alamsyah Telaumbanua, diketahui jika Panwaslih Kota Gunungsitoli telah membentuk jajaran pengawas dari tingkat desa dan kecamatan.

Tahun ini Panwaslih Kota Gunungsitoli akan menempatkan 1 pengawas di setiap tempat pemungutan suara (TPS), dan memastikan jika Panwaslih Kota Gunungsitoli siap melakukan pengawasan pelaksanaan Pilkada di Kota Gunungsitoli. Budi Alamsyah juga memastikan, tidak ada kegiatan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gunungsitoli yang dilakukan tanpa melibatkan Panwaslih.

DPT Bertambah 164 Orang

Pada kesempatan yang sama, Ketua KPU Kota Gunungsitoli Sokhiatulo Harefa memberitahu, KPU Kota Gunungsitoli telah melantik penyelenggara pemilu ditingkat Kecamatan dan Desa seperti PPK, PPS dan KPPS.
KPU Kota Gunungsitoli telah melakukan kembali pemuktahiran data daftar pemilih tetap (DPT) Kota Gunungsitoli. Dari 87.492 orang pemilih jumlah DPT Kota Gunungsitoli sebelumnya, telah bertambah sebanyak 164 orang pemilih.

“Jika masih ada yang belum terdaftar di DPT, diberi kesempatan memilih dengan datang ke TPS dengan membawa, KTP, Kartu Keluarga atau dokumen kependudukan. Pemilih yang belum terdaftar di DPT, diberi kesempatan memberikan hak pilihnya setelah pukul 12.00 wib,” terang Ketua KPU pada rakor lintas sektoral Forkopimda.

Sebelumnya Ketua Panitia Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli Drs.Edison Ziliwu, MM melaporkan, pelaksanaan rakor bertujuan untuk menyamakan persepsi dan pemahaman pada pelaksanaan Pilkada dan menyambut Hari Besar keagamaan Natal dan Tahun Baru.

Terkait pilkada, rakor dilakukan untuk mendapatkan pimpinan yang berkualitas bagi Kota Gunungsitoli. Pada rakor, pemangku kepentingan menyampaikan paparan singkat tentang pelaksanaan tugas menjelang Pilkada dan hari besar natal dan Tahun Baru.

Sesuai pantauan wartawan, pada pelaksanaan rakor, yang memberikan paparan adalah Kapolres Nias AKBP.Bazawato Zebua, SH, MH, Ketua KPU Kota Gunungsitoli Sokhiatulo Harefa, Komisioner Panwaslih Kota Gunungsitoli, Kepala Dinas Perhubungan Kota Gunungsitoli TR.Mendrofa dan perwakilan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Gunungsitoli.

Acara rakor dihadiri Wali Kota Gunungsitoli Drs.Martinus Lase, M.Sp, Wakil Wali Kota Gunungsitoli Drs.Aroni Zendrato, Ketua DPRD Kota Gunungsitoli Herman Jaya Harefa, S.PdK, Kapolres Nias AKBP.Bazawato Zebua, SH, MH, Kajari Gunungsitoli Parningotan Bakkara, SH, MH, Ketua Pengadilan Negeri Gunungsitoli Khamozaro Waruwu , SH, MH, Ketua BNNK Gunungsitoli Kompol.F Zendrato, SH, MH, Sekda Kota Gunungsitoli Drs.Edison Ziliwu, MM, tokoh agama dan tokoh masyarakat Kota Gunungsitoli.(ih/ss/gs)

Kata kunci terkait:
unsur forkopinda di kota gunungsitoli

Lihat Juga

Terkait Mau Tampar Anggota, Kadis Pendidikan Akan Nasehati Oknum KUPT Ransel

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Terkait ocehan Oknum Kepala Unit Pelaksana Tehnik (KUPT) Dinas Pendidikan,Kecamatan Rantau ...