Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Keluarga Korban KM Mega Top 3 Minta Pengusaha UD Sinar Mas Penuhi Tanggung Jawab

Keluarga Korban KM Mega Top 3 Minta Pengusaha UD Sinar Mas Penuhi Tanggung Jawab

TAPTENG | suarasumut.com  –  Sebanyak 28 orang keluarga korban ABK kapal KM. Mega Top III melakukan kesepakan penandatanganan surat kesepakatan pembentukan Forum Komunikasi Keluarga ABK KM. Mega Top III (F3KTopII) dengan mengangkat 5 (Lima) orang kordinator sebagai perwakilan dari seluruh Keluarga ABK korban tragedi hilangnya Kapal KM. Mega Top III pada tanggal 3 Januari bulan lalu, Jumat (16/3/2018).

Nota kesepakatan tersebut merupakan keputusan dan kesepakatan para keluarga ABK KM. Mega Top III dengan menyepakati sejumlah hal Penting antara lain:
1. Membentuk Forum Komunikasi Keluarga ABK KM. Mega Top III yang disingkat menjadi F3KTopIII
2. Mengangkat 5 (lima) orang kordinator F3KTopIII
3. Para kordinator diberi wewenang mengatasnamakan forum, kedalam dan keluar dengan terlebih dahulu berkordinasi dengan seluruh anggota forum.
4. Para kordinator diberi amanah menjalin kordinasi dan komunikasi dengan para pihak yang dianggap terkait dengan persoalan KM. Mega Top III.
5. Mengkoordinir dan memperjuangkan hak-hak kepentingan seluruh anggota Forum.

Dari hasil nota kesepakatan tersebut para keluarga mengangkat lima orang kordinator yakni, Ahmad Safari, Khoiruddin Hutagalung, Fitri Sipahutar, Jhonny Tanjung, Iswarni Simarmata.

Kesepakatan ini terbentuk dengan adanya kecurigaan seluruh keluarga korban terhadap pihak perusahaan yang diduga dilindungi seseorang yang berkepentingan, sehingga keluarga korban tidak dapat menyampaikan pendapat dan keinginan secara bebas.

Pernyataan Ahmad Safri keluarga korban Wawan Kurniawan: “Selama ini, kami dari seluruh keluarga korban sudah bersabar menghadapi musibah ini, namun dari kesabaran kami menjadi angin segar bagi pihak perusahaan dan dinas instansi yang terkait didalamnya. Kami menilai banyak kejanggalan-kejanggalan yang kami dapatkan dari pihak perusahaan dan dinas terkait, hal ini membuat kami seluruh keluarga sangat kecewa.

Kami bentuk forum ini atas dasar kehendak kami sendiri, tidak ada paksaan maupun usulan dari orang-orang diluar dari keluarga korban, tetapi forum ini terbentuk dari dasar pemikiran keluarga, sebab kami selama ini sudah sangat cukup sabar, tapi semakin kami bersabar, kami semakin didiamkan perusahaan.

Kami mensinyalir perusahaan di lindungi seseorang yang berkepentingan dalam kejadian ini. Dimana Selama ini, disetiap kami bertanyak pada pihak pengusaha, pihak perusahaan selalu mengalihkan kepada seseorang. Pihak perusahaan juga dalam hal ini, seolah-olah mereka tidak bersalah dan tidak bersangkutan dalam kejadian. Makanya dalam forum ini kami tidak melibatkan siapapun selain dari keluarga para korban.

Di dalam masalah ini sendiri kami menilai beberapa instansi terkait, bekerjasama dengan pihak perusahaan, karena ada beberapa kejanggalan yang kami temukan, dan kami menduga kuat kapal KM. Mega Top III itu tidak mempunyai surat-surat perlengkapan dan standar operasional serta perlengkapan lainnya, hal itu terbukti saat beberapa kali kami dari pihak keluarga mempertanyakan, namun pihak perusahaan dan dinas terait tidak dapat menunjukkannya, sehingga kami menduga, pihak perusahaan dan dinas istansi terkait bekerja sama menyembunyikannya.

Bukti lainnya bisa kami lihat dari hasil surat yang kami dapatkan tentang pelaporan resmi pihak perusahaan, dengan tidak memakai UD Sinarmas, melainkan memakai PT. Crapu Jaya Lestari yang beraktifitas di provinsi Jambi. Dari beberapa bukti itu kami pantas menduga bahwa perusahaan dan dinas Instansi tersebut bekerjasama menyembunyikan ketidak lengkapan dari pihak perusahaan, ditambah lagi adanya seseorang pejabat yang berusaha mengkelabui kami untuk melindungi perusahaan.

Untuk itu kami membentuk kesepakatan ini tanpa melibatkan dan menolak orang orang yang kami anggap berkepentingan selain keluarga korban sendiri. Kami hanya berharap dengan terbentuknya forum ini, kami para keluarga korban memohon kepada pemerintah kedua daerah agar mendampingi dan membantu kami dalam menyelesaikan musibah yang kami alami saat ini. (Ril Iwo/SS/TT).

Lihat Juga

KPU Palas Melakukan Penyempurnaan DPTHP Kedua

Palas | suarasumut.com  –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas) melakukan penyempurnaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.