Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Kekejaman G-30S/PKI Di Nobarkan, Dandim 0205/TK Ajak Masyarakat Ingat Sejarah

Kekejaman G-30S/PKI Di Nobarkan, Dandim 0205/TK Ajak Masyarakat Ingat Sejarah

Tanah Karo | suarasumut.com  –  Kodim 0205/TK ajak masyarakat Kabupaten Tanah Karo Nonton Bareng (Nobar) pada Pengkhianatan Gerakan 30 September/Partai Komunis Indonesia atau yang lebih dikenal dengan G-30S/PKI, yang di putar melalui layar besar, Rabu malam (20/9/17) di halaman Makodim 0205/TK.

Hal itu disampaikan Kepala Penerangan Korem 023/Kawal Samudra (Kapenrem 023/KS) Mayor Arm Ojak Simarmata terhadap suarasumut.com melaui aplikasi WA nya, Kamis (21/09/2017) sekira pukul 19.13 Wib.

Sebelum acara Nobar itu lanjut Kapenrem, Dandim 0205/TK Letkol Inf Agustatius Sitepu, terlebih dulu menyampaikan tujuan dari pemutaran film ini terhadap yang hadir berkisar 150 orang termasuk itu personel dan keluarga, para pemuda, tokoh agama serta tokoh masyarakat.

“Para pemuda diingatkan agar tidak melupakan jasa para pahlawan. Pemutaran Film G30S/PKI itu di nobar kan untuk menjadikan cerminan dari sejarah yang kelam dan bukan untuk mendiskreditkan siapa yang salah, atau pun bukan untuk menumbuhkan rasa dendam yang baru”.

“Sejarah harus diketahui, khususnya para generasi muda, dan masyarakat,” kata Dandim, disampaikan Kapenrem 023/KS Mayor Arm Ojak Simarmata.

Diungkapkannya, nobar berlangsung aman, sukses, santai sambil menikmati makanan ringan ( kopi, ubi dan kacang).

“Perasaan penonton kadang-kadang tampak mimik wajah yang sedih melihat kekejaman PKI. Tandanya, bahwa alur cerita film itu dinikmati oleh masyarakat,” tutur Ojak.

Dijelaskan, penonton yang hadir sempat menyampaikan bahwa generasi sekarang harus tahu tentang sejarah sebenarnya. Nobar film G30S/PKI sebagai pelajaran bagi generasi muda dan masyarakat dikarenakan pengkhianatan G30S/PKI ini pada 52 tahun silam.

“Selain itu pemutaran film ini untuk mengetahui banyak nilai sejarah yang terdapat pada film tersebut, dan ini berguna bagi seluruh anak bangsa, khususnya para generasi muda,” sebut Kapenrem, dari salah seorang tokoh masyarakat yang menyaksikan.(ph/ss-tk)

Kata kunci terkait:
simarmata

Lihat Juga

Bupati Taput Resmikan Listrik Tenaga Turbin Di Desa Lobusihim Kecamatan Simangumban

Taput | suarasumut.com  –  Usai sambut Kunjungan Presiden RI Joko Widodo, pada malam harinya Bupati ...