Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› Kejari Rantauprapat “Bangun” Berantas Korupsi! Sekda dan Sekwan Labura Diperiksa

Kejari Rantauprapat “Bangun” Berantas Korupsi! Sekda dan Sekwan Labura Diperiksa

Rantaprapat, suarasumut.com – Kinerja Kejaksaan Negeri (Kejari) Rantauprapat yang dipimpin Kepala Kejari Hermon Dekristo memberantas korupsi di wilayah Kabupaten Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara (Labura), dan Labuhanbatu Selatan (Labusel) semakin bergema.

Kali ini, Tim Pidana Khusus (Pidsus) yang dipimpin Kepala Seksi (Kasi) A Hartono,SH memanggil dan memeriksa Sekretaris Daerah (Sekda) Sekretaris Dewan (Sekwan) Pemerintah Kabupaten Labura terkait dugaan perjalanan dinas fiktif.

Informasi yang dihimpun suarasumut.com, Jumat (23/1), Tim Pidsus Kejari Rantauprapat memanggail 5 aparat pegawai Pemkab Labura terkait perjalan dinas di 7 SKPD, diantaranya Sekda Edi Sampurna Rambe, M Si dan Sekwan, April Hasibuan. Hingga saat ini, dari 7 SKPD tersebut, kerugian negara perjalanan dinas di Sekretariat Dewan (Setwan) senilai Rp1,1 milyar tahun anggaran (T.A) 2013.

Sesuai informasi yang beredar, ke-7 SKPD Pemkab Labura tersebut yakni, Dinas Pekerjaan Umum (PU), Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Sekwan DPRD dan Rumah Sakit Umum Daerah.

Kasi Intel Kejari Rantauprapat, AP Naibaho saat ditemui diruang dirinya belum dapat memberikan keterangan hasil pemeriksaan, karena 5 orang pajabat Pemkab Labura tersebut masih diperiksa di ruang kerja Kasi Pidsus, A Hartono,SH. Dirinya pun mempersilahkan para awak media untuk bersabar hingga pemeriksaan selesai dilakukan. “Belum bisa kita berikan keterangan. Jumlah yang dipanggil 5 orang, diantaranya Sekda dan Sekwan,” kata AP Naibaho tanpa memberikan nama-nama pejabat Pemkab Labura yang dipanggil dan diperiksa tersebut.

Namun saat ditanya kasus korupsi yang sedang ditangani tersebut, AP Naibaho mengaku terkait perjalanan dinas di Setwan dan sejumlah SKPD lainnya. “Belum bisa kita sebutkan, mereka saat ini masih menjalani pemeriksaan. Perkaranya terkait perjalanan dinas,” jawab AP Naibaho saat ditanya besaran dugaan korupsi yang sedang ditangani.

Aliansi Penyelematan Indonesia (API), Andi Khoirul yang dimintai tanggapannya menyebutkan, selaku pemerhati kinerja aparat penegak hukum dalam memberantas korupsi, kinerja Kepala Kejari Rantauprapat, Hermon Dekristo harus didukung seluruh lapisan masyarakat. Pasalnya, lanjut Andi Khoirul, masa kepemimpinan Hermon Dekristo, upaya pemberantasan korupsi bergema. “Kita sangat mengapresiasi kinerja Kejari Rantauprapat dipimpin bapak Hermon Dekristo. Maraknya pemeriksaan dan bahkan sudah ada ditetapkan tersangka kasus korupsi menunjukan Kejari Rantauprapat sedang bangun dari tidur panjangnya,” kata Andi Khoirul.

Menurut Andi Khoirul, sejak akhir tahun 2013 lalu, sejumlah oknum pejabat di Pemkab Labura yang terlibat dalam kasus dugaan korupsi perjalanan dinas SKPD telah ditetapkan sebagai tersangka, diantaranya, oknum Sekwan dan Sekretaris KPU. “Kita berharap, keseriusan bapak Hermon Dekristo dalam memberantas korupsi di wilayah hukumnya dapat meningkatkan profesionalisme pejabat Pemkab Labuhanbatu, Labura, dan Labusel dalam penyelenggaraan pembangunan yang diperuntukan pada kesejahteraan rakyat, bukan kesejahteraan pagawai. Masyarakat Labuhabatu, Labura, dan Labusel akan mendukung penuh kinerja bapak Hermon Dekristo,” tegas Andi Khoirul.

Pantauan di lapangan, 5 pejabat Pemkab Labura tersebut mendatangi kantor Kejari Rantauprapat menggunakan mobil dinas berplat merah ditutupi cat warna hitam bernomor polisi BK 12 LU. Mobil dinas tersebut diparkirkan di halaman parkir kantor Kejari Rantauprapat. (ls/ss/lb)

Kata kunci terkait:
dugaan korupsi bupati labura, mobil dinas bupati labura, berita kriminal labura, 6 pejabat sekwan labura

Lihat Juga

OPD Pemkab Labuhanbatu Laksanakan Bhakti Sosial Ke Panti Asuhan

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Dalam rangka memperingati Hari Jadi Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu yang ke-72 Tahun ...