Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› Kejar “Amplop”, Bawaskab Labuhanbatu Tak Serius Periksa ADD/DD

Kejar “Amplop”, Bawaskab Labuhanbatu Tak Serius Periksa ADD/DD

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Pemeriksaan anggaran Alokasi Dana Desa dan Dana Desa (ADD/DD) T.A 2015 yang dilakukan pihak inspektorat/Badan Pengawas Kabupaten (Bawaskab) di Kecamatan Bilah Hilir tak serius dan bisa terbilang hanya formalitas. Pasalnya, pemeriksaan yang dilakukan intansi Bawaskab ini hanya satu hari saja untuk seluruh kepala desa di kecamatan Bilah Hilir yang berjumlah 11 desa dan dua kelurahan di kantor Kepala Desa Sei Tampang.

Hal ini tentunya tidak efektif, sebab bagaimana mungkin memeriksa berkas 11 desa hanya satu hari selesai, tanpa melakukan cross cek kelapangan, sesuai LPJ /RAB yang dibuat oleh Sekdes selaku penanggung jawab operasional kegiatan (PJOK) ADD/DD.

”Bagaimana bisa Bawaskab selaku pengawas bisa tahu pekerjaan fisik Kades, kalau memeriksanya hanya duduk tanpa mengcroscek kelapangan, ini kan namanya tak serius, padahal pekerjaan fisik yang dikerjakan oleh Kepala Desa sangat amburadul,”ungkap Najar anggota LSM Badan Investigasi Nasional.

Usman Nasution Ketua tim Bawaskab Labuhanbatu saat dikonfirmasi melalui selulernya, mengatakan kalau hasil pemeriksaan ADD/DD tersebut adalah rahasia, dan tidak boleh dibeberkan kepada siapa pun, sebab menurutnya , sesuai SK, hanya Bupati yang berhak tahu.

“Maaf pak, kalau hasil audit yang dilakaukan Bawaskab, Pers enggak perlu tahu, kami hanya akan memberikan hasil tersebut ke Bupati, kalau temuan dilapangan memang ada, namun tak begitu berat,”ungkap Usman selaku Ketua Tim pemeriksaan ADD/DD di Kecamatan Bilah Hilir.

Sementara itu, sampai saat ini penyimpangan anggaran dana desa di Kecamatan Bilah Hilir yang dilakukan para Kepala Desa terkesan terstruktural dan para Kades pun bebas melakukan apa saja dengan uang yang bersumber dari APBN itu.(ta/ss/lb)

Kata kunci terkait:
ADD dan DD labuhanbatu, bawaskab, lsm badan investigasi nasional sidimpuan

Lihat Juga

Terkait Mau Tampar Anggota, Kadis Pendidikan Akan Nasehati Oknum KUPT Ransel

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Terkait ocehan Oknum Kepala Unit Pelaksana Tehnik (KUPT) Dinas Pendidikan,Kecamatan Rantau ...