Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Kebocoran Boiler PND PT.HSJ Resahkan Warga Sekitar

Kebocoran Boiler PND PT.HSJ Resahkan Warga Sekitar

Negerilama | suarasumut.com  –  Bocornya Multy Cylone Boiler Pabrik Negeri Lama Dua (PND) Kelapa Sawit PT.Hari Sawit Jaya (HSJ) sangat membahayakan bagi kesehatan lingkungan, sebab sangat berdampak pada saluran pernafasan warga sekitar, bahkan sudah banyak warga yang terserang penyakit ispa.

Multy cylone dimaksud berfungsi menyaring serbuk api yang dihasilkan boiler, namun bocor lalu merembes keluar pabrik serta mengakibatkan kerusakan lingkungan.

Kejadian ini sudah berlangsung sekira setahun lalu namun tidak terlalu dirasakan warga yang berdiam disana disebabkan ketika siang hari serbuk api itu tidak tampak berterbangan entah kemana, justru ketika malam hari tiba akan kelihatan serbuk api itu terbang bebas diangkasa dalam hitungan detik tak tentu arah tergantung kemana angin membawanya.

”Alat itu tidak melakukan fungsinya dengan baik karena rusak, lalu serbuk api itu merembes keluar pabrik sepanjang pabrik PND beroperasi,”ungkap sumber yang layak dipercaya.

Akibat kebocoran ini lanjut sumber yang tidak bersedia jatidirinya disebutkan itu, akan menimbulkan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), atap seng rumah warga akan cepat keropos kemudian rusak/bocor.

“Ketika menjemur kain berwarna putih, akan tampak bintik-bintik warna hitam, menghilangkannya agak sulit,” itu yang paling jelas buktinya lanjut semberi melanjukan menjemur pakaian.

Manager PND PT.HSJ Ir.Ardianto ketika dikonfirmasi melalui selularnya, Minggu (14/8) kepada wartawan berkilah kalau hal tersebut tidak benar. “Boiler PND tidak ada yang bocor, berjalan normal” kilah Ardianto dari balik selulernya.

Sementara itu, Kepala Desa Sidomulyo, Sukri ketika dimintai komentarnya terkait bocornya Boiler PND PT.HSJ kepada wartawan melalu selularnya mengatakan dirinya belum mengetahui yang sebenarnya dan perlu di croscek. Tetapi kalau atap seng rumah warga yang sudah kropos itu sangat banyak yang sudah mengalami dan sudah mengeluh.

“Boiler bocor kurang bagus, akan dikroscek agar tidak simpang siur, tapi keluhan warga yang atap seng rumahnya sudah berkarat dan kropos itu sudah banyak, saya masih menghadiri undangan di Aeknabara,”ujar Sukri mengakhiri.(ta/ss-lb)

Kata kunci terkait:
Kepala desa sidomulyo negeri lama, pt yg ada di pnd

Lihat Juga

Perppu Ormas Harus Dilihat Dari Prinsip Bernegara

Jakarta | suarasumut.com  –  Fraksi Partai NasDem menyatakan setuju Perppu Ormas disahkan menjadi undang-undang. “RUU ...