Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Kasat Reskrim, Dugaan Ijazah Palsu Herman Jaya Harefa Tidak Terbukti

Kasat Reskrim, Dugaan Ijazah Palsu Herman Jaya Harefa Tidak Terbukti

GUNUNGSITOLI, suarasumut.com  —  Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Nias AKP.Arifieli Zega, SH memberitahu kepada sejumlah wartawan jika dugaan ijazah palsu S1 milik calon legislatif Herman Jaya Harefa tidak terbukti. Herman Jaya Harefa menurut hasil penyelidikan di Dirjen Bimas Kristen telah terdaftar sebagai peserta ujian negara di STT Sunsugos.

Hal tersebut diungkapkan Kasat Reskrim Polres Nias AKP.Arifieli Hulu, SH kepada sejumlah insan pers ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya di kantor Sat Reskrim Mapolres Nias, Jalan Melati, Kelurahan Ilir, Kota Gunungsitoli, Selasa (8/7).

“Setelah kita melakukan penyelidikan atas laporan dugaan ijazah palsu S1 milik salah seorang pemenang calon legislatif di Kota Gunungsitoli atas nama Herman Jaya Harefa, ternyata STT Philadelphia membenarkan jika beliau tamat di STT Philadephia. Namun karena STT Philadelphia belum terakreditas, dia kemudian mengambil ujian negara di STT Sunsugos, dan dari Dirjen Bimas Kristen kita mendapat keterangan jika Herman terdaftar sebagai peserta ujian negara,” terang Arifieli.

Namun kasus tersebut menurut Arifieli tidak akan diterbitkan surat perintah pemberhentian penyidikan (SP3) karena masih tahap penyelidikan, tetapi penyidik akan melakukan gelar perkara dengan mempertemukan pelapor dan terlapor.

Seandainya pelapor bisa menunjukkan bukti bukti lain terkait tuduhannya terhadap dugaan ijazah palsu Herman Jaya Harefa menurut Kasat reskrim, maka kasus tersebut akan diselidiki lagi. Namun jika pelapor tidak dapat memberikan bukti baru, maka kasus tersebut akan dihentikan.

Untuk diketahui, dugaan ijazah palsu milih calon legislatif Herman Jaya Harefa dari Partai Demokrat dilaporkan di Mapolres Nias oleh warga Sudiely Zebua dan Yulianus Zebua pada tanggal 15 April 2014.

Sebelumnya, Herman Jaya Harefa juga sempat menantang para pelapor untuk melaporkan dugaan ijazah palsunya dan meminta para pelapor untuk melakukan penelusuran langsung dengan memberikan nama dan alamat dia tamat dan mendapat gelar S1.(sp/ss/gs)

Kata kunci terkait:
reskrim, kasus ijazah palsu DPRD gunungsitoli nias, herman jaya harefa di laporkan bupati b baeha, kasat reskrim, kasat reskrim polres deli serdang, kasat reskrim selingkuh

Lihat Juga

Pemkab Nias Bantu Lanjut Usia Terlantar

Nias | suarasumut.com  —  Pemerintah Kabupaten Nias memberikan bantuan kepada 100 orang Lanjut Usia terlantar ...