Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› Kapolri Tak Hadir, Sidang Praperadilan Ditunda 3 Minggu

Kapolri Tak Hadir, Sidang Praperadilan Ditunda 3 Minggu

Rantauprapat, suarasumut.com – Kemarin (Senin, 16 Januari 2015), sidang perdana praperadilan penghentian perkara tindak pidana keterbukaan informasi atas nama tersangka Ali Usman Harahap, Sekdakab Labuhanbatu di Pengadilan Negeri (PN) Rantauprapat, terpaksa ditunda. Pasalnya, praperadilan yang diajukan Lamhot J Sitorus itu tidak dihadiri Kapolri selaku termohon I.

Informasi yang dihimpun suarasumut.com, Selasa (17/3), gugatan mekanisme praperadilan yang diajukan Lamhot J Sitorus ditujukan kepada 4 petinggi Polri, yakni Kapolri, Kapoldasu, Kapolres Labuhanbatu, dan Kasat Reskrim. Parperadilan tersebut teregister nomor 04/Pid.Pra/2015/PN-RAP di PN Rantauprapat pada tanggal 4 Maret 2015.

Sesuai relas panggilan sidang yang ditujukan kepada Lamhot J Sitorus, jadwal persidangan ditetapkan pukul 09.30 WIB, namun dikarenakan belum adanya konfirmasi relas panggilan dari Kapolri, sidang dijadwalkan dibuka pukul 16.00 WIB. Sehubungan, hingga waktu yang ditentukan, konfirmasi dari pihak Mabes Polri untuk menghadiri sidang praperadilan itu tak kunjung tiba, Hakim Praperadilan, Arman Siregar SH membuka persidangan dan melakukan penundaan hingga 3 minggu. “Karena termohon I belum hadir, sidang ditunda hingga 3 minggu,” kata Arman Siregar dipersidangan itu.

Keterangan Wakil Panitera PN Rantauprapat, Burhanuddin Harahap menyebutkan, dari 4 relas panggilan sidang praperadilann atas perkara yang diajukan oleh Lamhot J Sitorus, relas panggilan yang ditujukan kepada Kapolri belum mereka terima. Namun informasi yang diterima pihak PN Rantauprapat, Kapolri telah menerima relas panggilan sidang, tetapi surat perintah tugas dan surat kuasa belum sempat diterbitkan. “Informasi dari pihak Polri, relas panggilan sidang sudah diterima Kapolri. Tetapi waktu yang dibutuhkan untuk menandatangani surat perintah dan surat kuasa bulm cukup waktunya,” kata Burhanuddin saat ditemui diruang kerjanya.

Berdasarkan surat perintah dan surat kuasa yang diberikan kepada Hakim Arman Siregar, Kepoldasu selaku termohon II, Kapolres selaku termohon III, dan Kasat Reskrim selaku termohon IV, telah menerbitkan surat perintah dan surat kuasa untuk menghadiri sidang praperadilan itu. Kapoldasu menerbitkan surat perintah nomor Sprin/408/III/2015 tanggal 11 Maret 2015 dan Kapolres menerbitkan surat perintah nomor Sprin/747/III/2015 tanggal 10 Maret 2015. (ls/ss/lb)

Lihat Juga

Terkait Mau Tampar Anggota, Kadis Pendidikan Akan Nasehati Oknum KUPT Ransel

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Terkait ocehan Oknum Kepala Unit Pelaksana Tehnik (KUPT) Dinas Pendidikan,Kecamatan Rantau ...