Beranda ›› Headline ›› Kapolres Labuhanbatu: Pemberi Dan Penerima Sama Dimata Hukum

Kapolres Labuhanbatu: Pemberi Dan Penerima Sama Dimata Hukum

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Pungli adalah pungutan yang tidak memiliki dasar hukum diluar dari besarnya kutipan, yang sering dibuat oleh pihak Pemerintah Daerah seperti Perda, jika melebihi dari yang sudah ditetapkan nilainya dapat dikategorikan kedalam pungli.

Demikian dijelaskan Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang SH,SIK, melalui Kasat Binmas AKP H. Edi Sidauruk SH, saat pelaksanaan Sosialisasi Cyber Pungli di Aula Kantor Camat Rantau Selatan, Labuhanbatu, Jum’at (15/12/2017).

Kasat Binmas menyampaikan, dalam konteks prilaku pungli tersebut, pemberi dan penerima sama dimata hukum, dan tentunya pihak Kepolisian Resor Labuhanbatu melalui team Cyber Pungli akan terus memonitoring adanya dugaan aktifitas kejahatan tersebut.

“Kenapa terjadi pungli? biasanya untuk memperkaya diri sendiri. dengan dilaksanakannya sosialisasi saber pungli ini diharapkan dapat menghilangkan kebiasaan adat dan budaya timur untuk memberi, agar nilai keadilan petugas dalam melayani masyarakatnya berlaku sama,”sebutnya.

Lebih jauh Kasat Binmas mencontohkan, di dalam adanya aksi pungli dimaksud, pastinya akan didapati terjadi perbedaan pelayanan antara masyarakat yang memberi sejumlah uang dengan yang tidak memberi, maka untuk itu, pihaknya meng-ingatkan kepada aparatur pemerintahan untuk tidak mencoba melakukan tindakan pungli.

“Bersyukur kita bisa bertemu dalam suasana sosialisasi seperti ini, coba bayangkan saja, apabila kita bertemu dalam kondisi operasi team, ada yang ditangkap OTT, dipenjara, tentu sangat malu dan sakit sekali,” bilang Edi.

Doktrin Kasat Binmas, Team Cyber Pungli Polres Labuhanbatu diketuai Waka Polres Kompol Tris Lesmana Zeviansyah SIK,MH ini, sebaiknya setelah sosialisasi ini dilaksanakan, seluruh instansi pemerintahan yang ada, agar menghindari kegiatan pungli dan apabila yang pernah melakukannya supaya jangan lagi terjerumus dalam tindakan kriminal tersebut.

“Jangan tunjuk tangan, siapa yang pernah melakukan pungli, dan jangan tunjuk tangan bagi siapa yg pernah jadi korban pungli! artinya, setelah sosialisasi ini mari kita sama-sama menjauhkan diri dan tidak melibatkan diri dengan pungli,”pinta AKP Edi Sidauruk.

Tampak hadir dalam sosialisasi itu, Inspektorat Labuhanbatu Indra Lubis, Kesbangpol Linmas Toguan Dalimunthe SIP, Camat Rantau Selatan Ibni Aipal Zahni S.PDi, para Lurah, Kepala Lingkungan, serta Bhabinkamtibmas dan Babinsa, dan seluruh Kepala Sekolah se- Kecamatan Rantau Selatan.(ab/ss-lb)

Lihat Juga

KPU Palas Melakukan Penyempurnaan DPTHP Kedua

Palas | suarasumut.com  –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas) melakukan penyempurnaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.