Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Kanwil Kemenkumham Sumut Gelar Diseminasi Ham Di Kota Gunungsitoli

Kanwil Kemenkumham Sumut Gelar Diseminasi Ham Di Kota Gunungsitoli

Gunungsitoli | suarasumut.com — Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia Sumatera Utara menggelar diseminasi Ham di Kota Gunungsitoli. Diseminasi Ham yang dibuka oleh Wali Kota Gunungsitoli Ir.Lakhomizaro Zebua dihadiri Kepala Divisi Yankumham, Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara.

Ketika membuka acara Diseminasi Ham di Lantai II, Kantor Wali kota Gunungsitoli, Jalan Pancasila, Desa Mudik, Kota Gunungsitoli, Kamis (23/3), Wali Kota Gunungsitoli Ir.Lakhomizaro Zebua mengatakan jika Pemerintah Kota Gunungsitoli menyambut baik dan mendukung pelaksanaan Diseminasi HAM dalam rangka meningkatkan pelaksanaan, perlindungan dan penegakan Ham di Kota Gunungsitoli.

Menurut dia, selama ini Pemko Gunungsitoli selalu memprioritaskan pelayanan kepada masyarakat, termasuk hak kenyamanan, kesejahteraan dan lainnya. Pelaksanaan pelayanan tersebut telah dimulai pada awal 2017 lalu, dengan cara berkantor di Kecamatan dengan tujuan ‘jemput bola’ terkait melihat dan mendengar secara langsung permasalahan atau kendala yang dialami masyarakat di kawasan pedesaan.

“Pemko Gunungsitoli berkeinginan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat termasuk prioritas hak masyarakat itu sendiri. Saya mengharapkan perhatian dari semua pihak, khususnya Perangkat Daerah lingkup Pemko Gunungsitoli sebagai penyelenggara pemerintahan agar mengikuti Diseminasi Ham dengan baik. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menambah wawasan dan peningkatan penegakan dan perlindungan Ham dalam memahami hak hak masyarakat,”terang Wali Kota Gunungsitoli.

Mewakili Kepala Kanwil Kemenkumham Sumut, Kepala Divisi Yankumham menegaskan jika Ham merupakan tanggungjawab seluruh pihak diseluruh daerah. Ham adalah sesuatu yang harus ditegakkan agar menjadi lebih baik.
Kemenkumham mengadakan Rencana Aksi Nasional HAM (Ranham) Indonesia yang berasal dari panduan dan rencana umum serta arah bagi penyelenggaraan negara yang bersifat dinamis dan kearifan lokal, dalam rangka pelaksanaan, penghormatan, perlindungan dan penegakan Ham, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Penegakan Ham merupakan tugas dari semua pihak, termasuk pelaksana pemerintahan. Ranham 2015-2019 bertujuan mendorong politik Ham melaksanakan penghormatan, pemenuhan dan perlindungan Ham bagi setiap orang yang ada di Indonesia. Juga mendorong para penyelenggara kekuasaan negara untuk menjalankan tugas dalam penegakan Ham terhadap masyarakat,” tuturnya.

Dia berharap, pelaksanaan Ranham dapat dilaporkan secara berkala per triwulan, supaya dapat menjadi pantauan pemerintah. Menurut dia, penegakan Ham di Indonesia secara umum akan terus dipantau oleh negara lain, dan hal ini tentu saja akan mempengaruhi pergaulan Internasional.(al/ss-gs)

Kata kunci terkait:
kantor wilayah kementerian hukum di gunungsitoli

Lihat Juga

Pembentukan Karakter Dan Pengenalan Budaya, Unimed Latih Anak Usia Dini

Medan | suarasumut.com  –  Pendidikan karakter dan pengenalan budaya merupakan hal yang mutlak yang diberikan ...