Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Kanit Ekonomi Pamer Tangkapan Pupuk Oplosan

Kanit Ekonomi Pamer Tangkapan Pupuk Oplosan

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Kanit ekonomi Polres Labuhanbatu Iptu Galih Ramdhan Sik pamerkan pelaku pengoplos pupuk yang diamankan pihaknya pekan lalu, Kamis (09/03).

Pada paparannya, dia mengatakan bahwa pada operasi yang dipimpin langsung Kasat Reskrim Polres Labuhanbatu AKP Firdaus itu berhasil mengungkap pengoplosan pupuk jenis NPK disalah satu Ruko di jalan Kotapinang, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu.

Dari hasil operasi itu, dia mengaku, pihaknya berhasil mengamankan 3 orang pekerja yang sedang melakukan pengoplosan. “Dari operasi itu, kita berhasil mengamankan Taniwan alias Iwan dan Adi serta Wandi Waijayanto saat mengoplos pupuk itu,”paparnya.

Dijelaskannya, bahwa pengoplosan itu dengan cara mencampur kan pupuk jenis ZA dan pupuk Urea Non subsidi serta pupuk jenis Dolomit yang diaduk serta menambah kan pewarna dan cairan berwarna putih. “Jadi setelah di aduk, pupuk itu dimasukkan kedalam goni dengan merek Invite Oreza, ” jelasnya.

Selain mengamankan ketiga Pelaku, Unit Ekonomi juga mengamankan 214 goni serta alat pendukung lainnya, yakni Timbangan, jerigen cairan garam.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan pihaknya, bahwa ketiga pelaku di pekerjakan oleh Fendi alias Ahin (40) warga Rantauprapat. “Pelaku DPO kita, ” akunya.

Atas perbuatannya ketiga pelaku disangkakan yang dimaksud dalam pasal 60 ayat (1) huru (f) Jo pasal 37 ayat (1) dari UI no 12 tahun 1992 tentang sistem budidaya tanaman Jo pasal 62 ayat (1) Jo pasal 8 ayat (1) hurup a dan e UU no.08 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen Jo pasal 55,56 dari KUHPidana.(ab/ss-lb)

Lihat Juga

452 Pramuka Ikuti Perkemahan Internasional 2017 Di Malaysia

JAKARTA | suarasumut.com  –  Sebanyak 452 anggota Gerakan Pramuka akan mengikuti Perkemahan Internasional di Selangor, ...