Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› Kadisdik Labusel Himbau Para Kepsek Waspadai Modus Penipuan

Kadisdik Labusel Himbau Para Kepsek Waspadai Modus Penipuan

Kotapinang | suarasumut.com  –  Para kepala sekolah dari jenjang pendidikan SD, SMP hingga SMA/SMK diminta waspada. Saat ini, sindikat penipu tengah bergerilya di Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) dengan sasaran empuk para kepala sekolah.

Guna memuluskan aksinya, para penipu itu tidak segan-segan mencatut nama Kepala Dinas Pendidikan Labusel Abdul Manan Ritonga, M.Pd. Modus operandi penipuan itu sangat klasik, Kadisdik gadungan itu mengiming-imingi para kepala sekolah dengan proyek renovasi gedung sekolah yang nilainya mencapai ratusan juta rupiah. Agar dana itu bisa dicairkan, mereka diwajibkan mentransfer sejumlah dana ke nomor rekening tertentu sebagai biaya administrasi.

Dihubungi, Senin (15/2) kemarin, Kadisdik Labuhanbatu Selatan “Abdul Manan”, mengatakan, sejumlah kepala sekolah silih berganti menghubungi dirinya guna mengecek kebenaran adanya pendistribusian proyek renovasi gedung sekolah itu. Mayoritas dari mereka mengaku sempat dihubungi via telepon oleh oknum yang mengaku sebagai Kadisdik Labusel. Oknum itu berjanji membantu mempercepat pencairan dana itu dengan syarat menstransfer sejumlah dana ke nomor rekening yang telah ditentukan.

”Sudah ada sejumlah kepala sekolah yang melapor ke sini terkait adanya upaya-upaya penipuan itu. Untuk Menghindari jatuhnya korban modus penipuan, maka saya sudah perintahkan seluruh UPT. Pendidikan Kecamatan agar menghimbau kepada seluruh kepala sekolah waspada modus penipuan dengan mencatut nama Kepala Dinas Pendidikan Labuhanbatu Selatan,”paparnya.

Manan menambahkan, terkait munculnya modus penipuan tersebut, Kadisdik sudah perintahkan melayangkan surat edaran himbauan kepada seluruh kepala SD, SMP dan SMA/SMK di Kabupaten Labuhanbatu Selatan agar tidak mudah percaya dengan iming-iming proyek renovasi gedung sekolah itu. Kalau memang benar ada dana itu, mereka pasti langsung dipanggil ke kantor Dinas pendidikan untuk mengikuti sosialisasi, workshop dan sejenisnya. ”Surat resmi juga pasti ada alias tidak dihubungi lewat telepon,”katanya mengingatkan.

Kepala UPT Cabang Dinas Pendidikan Kotapinang Marondak Harahap saat dikonfirmasi awak media membenarkan adanya modus penipuan melalui seluler yang dilakukan oknum penipu dengan target para kepala sekolah (kepsek). Dengan modus penipu dengan mengimingi sekolah bersangkutan akan menerima anggaran untuk renovasi bangunan sekolah sekolah( DAK ).

Lanjut Marondak sejak sepekan ini sudah ada dua Kepsek nyaris tertipu kedua kepsek tersebut yakni Kepsek SD Batu Ajo Roman dan Kepsek SD Negeri 5 Kotapinang Nurhayati.

Untungnya mereka cepat menghubungi saya stelah menerima telpon dari seseorang dengan mencatut nama Kadisdik Labusel. “Setelah kami cek ternyata orang yang mengaku sebagai kepala dinas itu palsu dan penipu. Dengan mengatasnamakan Kadisdik Abdul Manan,”kata Marondak Harahap. (zr/ss/ls)

Lihat Juga

Labuhanbatu Kembali Raih Prestasi Dibidang Lingkungan Hidup

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu setelah menerima Penghargaan terbaik I Tingkat Provinsi Sumatera ...