Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› Kades Simandulang Potong Dana PNPM Rp.3 Jt Setiap LKD

Kades Simandulang Potong Dana PNPM Rp.3 Jt Setiap LKD

Leidong, suarasumut.com – Oknum Kepala Desa Simandulang, Kecamatan Kualuh Leidong, Labura sengaja memotong dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat(PNPM) yang ada di desanya sebesar 3 juta per LKD .

Hal ini diutarakan salah satu pengurus LKD bernitial R yang ada di Desa Simadunlang kepada suarasumut.com, Senin (19 /1) dirumahnya. Ia menjelaskan kalau Kades S dengan sengaja memotong dana PNPM yang ada di Desa Simandulang dengan alasan untuk kepentingan bermacam keperluan yang dibutuhkan.

Sambung R, bukan itu saja setiap dalam pengurusan untuk dana PNPM kami selalu diintimidasi untuk bisa menuruti kemauan beliau (Kades-Red) dengan memberikan ancaman. “Kalau kamu mau jadi LKD harus bisa saya potong Rp.3 juta setiap LKD,”jelasya sambil menirukan bahasa sang Kepala Desa.

“Itulah kata pak Kades, dan mana mungkin kami menolak kehendaknya,” ungkap R dengan agak sedikit raut wajah ketakutan.

Menyikapi hal tersebut Ketua LSM LPPN Suparno saat di minta tanggapanya, menjelsakan kalau perilaku Kepala Desa Simandulang itu jelas sudah keterlaluan. Kades dengan beraninya memotong dana PNPM yang notabenenya untuk Program swadaya masyarakat.

“Ironisnya, Kepala Desa dengan gaya intervensinya mematok Rp.3 juta per setiap LKD. Ini sudah keterlaluan apa lagi harus dipatok sebesar Rp. 3 juta pel setiap LKD, saya menganggap perlakuan yang dilakukan Kades ini sudah menyalahi aturan dan sudah dikategorikan melakukan korupsi,”jelas Suparno.

Suparno menambahkan, diminta kepada Camat atau Bupati Labuhanbatu Utara untuk memberikan tindakan tegas kepada Kades Simandulang guna mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Hasil investigasi suarasumut.com, Desa Simandulang pada tahun 2014 mendapat paket PNPM sebanyak 11 paket, terdiri dari KSK dan Reguler yang memiliki 2 program PNPM, dan terlihat semua pekerjaannya sudah selesai dikerjakan dan pencairan dananya sudah dibayar melalui salah satu Bank yang harus mendapat surat rekomendasi dari Kepala Desa untuk mencairkannya.

Kades Simandulang, Sangkot ketika dikonfirmasi melalui via selulernya, mengatakan kalau pemotongan itu benar adanya. “Dan uangnya saya pergunakan untuk pemilihan kepala desa nanti, karena saya mau Calon Kades, untuk itulah aku perlu dana banyak begitulah,”jelasnya melalui selulernya sambil mengakhiri pembicaraannya.(hs/ss/lu)

Kata kunci terkait:
simandulang, pulau simandulang, dana pnpm serdang bedagai

Lihat Juga

Perppu Ormas Harus Dilihat Dari Prinsip Bernegara

Jakarta | suarasumut.com  –  Fraksi Partai NasDem menyatakan setuju Perppu Ormas disahkan menjadi undang-undang. “RUU ...

  • zuwandi

    saya salah satu dari LKD .tidak ada potongan seperti yang anda utarakan……

    • Haryono Aseng

      bukakmu zuwandi…
      sekongkol kaw…