Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Kabupaten Karo Terima Piagam Penghargaan HAM

Kabupaten Karo Terima Piagam Penghargaan HAM

Karo | suarasumut.com  –  Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia tahun 2017, mengangkat tema “Kerja Bersama, Peduli Hak Asasi Manusia Untuk Indonesia Maju Sejahtera” dilaksanakan (10/12) pukul 09.00 wib di Hotel The Sunan Jalan Ahmad Yani No.40 Solo, Jawa Tengah.

“Untuk menyambut Hari Hak Asasi Manusia (Human Rights Day) sedunia Ke 69 Tahun 2017 yang diperingati setiap tahun baik lingkup Nasional dan seluruh Dunia, sejak pertama kalinya diperingati hari HAM tanggal 10 Desember 1950 , Pemerintah Kabupaten Karo propinsi Sumatera Utara mendapat undangan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

“Kepala Bagian (Kabag) Hukum Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Karo Monica Maytrisna Purba saat berada di Solo, mengatakan melalui surat yang bernomor HAM.UM.01.03-53 tertanggal 15 November 2017, Kemenkumham menyampaikan perihal Undangan kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana , terpilih,terkait peringatan Hari HAM Sedunia Ke- 69,”ucapnya

Menurut Monica, hasil yang dicapai oleh pemerintahan Kabupaten Karo membanggakan dan menjadi prestasi bagi Kepala Daerahnya. Sebab dengan adanya penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan HAM merupakan salah satu Rencana Kerja Pemerintah yang menjadi agenda penting di dalam Implementasi Nawacita Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam mengukur kinerja HAM di pemerintah daerah.

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH,didampingi isteri ibu Sariati  menyampaikan terimakasih kepada Kemenkumham, telah memberikan kepercayaan dan berdasarkan penilaian yang tepat, sehingga terpilihnya Kabupaten Karo dari sekian banyaknya kabupaten/kota di Indonesia, khususnya di wilayah Sumatera Utara. Dimana Kabupaten Karo salah satu kinerja terbaik dan berprestasi dalam  peduli Hak Azasi Manusia.

“Ini semua berkat atas kerjasama semua Stakeholder, dan masyarakat Karo sendiri yang masih menjunjung kearifan lokal dan budaya Karo, kini Pemerintah Kabupaten Karo mendapatkan penghargaan Peduli Hak Asasi Manusia yang akan dirangkaikan dengan Hari HAM sedunia Ke -69, di Solo dihadiri oleh Bapak Presiden RI Ir.H.Joko Widodo,” kata Terkelin.

Lanjut Terkelin, sekadar informasi, penilaian kota/kabupaten peduli HAM dilaksanakan berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Permenkumham) yang dikeluarkan oleh Yasonna Hamonangan Laoly bernomor 34 Tahun 2016 tentang Kriteria daerah kabupaten/kota, Peduli HAM.

“Hal ini bisa dilihat kelengkapan regulasi atau kebijakan yang diciptakan di tingkat daerah, dalam upaya pemenuhan dan perlindungan hak asasi manusia,”tuturnya

Terkelin menambahkan, selain terpilih sebagai kabupaten yang Peduli HAM , sebelumnya Kabupaten Karo juga telah terpilih masuk dari 5 ( lima) kabupaten/kota seluruh Indonesia sebagai GNRM ( Gerakan Nasional Repolusi Mental) dari kementerian PMK,  sekarang untuk sekawasan se- Sumatera Utara hanya 17 kabupaten/kota yang akan mendapatkan penghargaan Peduli Hak Asasi Manusia.

“Tujuh belas Kabupaten/Kota itu, diantaranya Kota Binjai, Kota Padangsidempuan, Kota Pematangsiantar, Kota Gunungsitoli, Kabupaten Tobasamosir, Asahan, Deliserdang,Labuhanbatu Utara, Mandailingnatal, Padanglawas, Pakpak Bharat, Labuhanbatu, Langkat, Nias Barat, Nias Selatan, Nias Utara, dan Kabupaten Karo,” tutupnya.(ts/ss-kr)

Lihat Juga

MUI Dan Polisi Berperan Sebagai Pemersatu Bangsa

Padangsidimpuan | suarasumut.com – Peran serta ulama dan instansi kepolisian menjadi modal utama untuk menyatukan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.