Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› JPU Telat Datang,Ketua PN Rantauprapat Tunda 19 Perkara Pidana

JPU Telat Datang,Ketua PN Rantauprapat Tunda 19 Perkara Pidana

Rantauprapat, suarasumut.com – Tak kunjung datang Jaksa untuk bersidang di Pengadilan Negeri Rantauprapat membuat Ketua Pengadilan terlihat kesal. Sehingga, sidang tindak pidana umum yang seharusnya digelar 22 perkara akhirnya hanya digelar 3 perkara. Sedangkan 19 perkara lagi terpaksa ditunda dikarenakan jam kerja telah selesai.

Amatan wartawan saat di , selasa (18/8) tahanan datang untuk menjalani sidang sekitar pukul 14.30 wib. datang pukul 15.00 wib. Sehingga sidang di mulai pukul 15.15 Wib. Padahal, didalam papan pengumuman yang tertera di dinding tertulis jadwal jam kerja dimulai pukul 08.00 wib sampai pukul 16.30 wib.

Ketua Pengadilan Negeri Rantauprapat Tumpal Sagala yang juga menjabat sebagai ketua majelis langsung menghentikan sidang setelah pukul 16.30 wib. Jaksa dan tahanan yang mendengar bahwa sidang di hentikan karena jam kerja selesai hanya terdiam.

“Jam kerja telah selesai. Jadi, sidang kita sampai disini dulu…, minggu depan saja dilanjutkan,” kata Tumpal kepada Jaksa usai menjalani sidang ke 3 yang digelarnya.

Dengan raut wajah kesal, tahanan pun berbaris masuk kedalam mobil tahanan untuk diantarkan ke .

“Numpang kereng saja ke pengadilan ini, tapi tak pernah sidang,”keluh sejumlah tahanan saat hendak masuk kedalam mobil tahanan.

Humas Pengadilan negeri Rantauprapat R.Aji Suryo ketika dikonfirmasi wartawan mengatakan bahwa penundaan 19 sidang perkara tersebut merupakan wewenang Majelis Hakim dan Panitera.

“Itu wewenang majelis hakim dan panitera. Kalau jam kerja sudah selesai gak bisa dipaksakan untuk sidang. Nah, kalau terkait kenapa tahanan dan jaksa lama datang, tanyakan saja ke kantor Kejaksaan,”terangnya.

Menanggapi tertundanya 19 perkara sidang di PN.Rantauprapat Kasi Intel Kejari Rantauprapat berdalih jika pengawal tahanan yang membawa tahanan untuk sidang telah berangkat sejak pukul 10.00 wib.

“Tadi pagi pukul 10.00 wib pengawal tahanan sudah berangkat untuk menjeput tahanan. Sedangkan Jaksa, sekitar pukul 14.00 wib sudah berangtkat sidang. Jadi, saya belum tahu kebenaran hal itu, karena saya belum melakukan konfirmasi langsung. Yang jelas, besok saya akan ke pengadilan untuk mencek hal itu,”katanya.(ab/ss/rp)

Lihat Juga

Troktoar Di Kota Gunungsitoli Dialih Fungsikan

Gunungsitoli | suarasumut.com  –  Bangunan milik pribadi yang mengalih fungsikan troktoar di Kota Gunungsitoli,Sumatera Utara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.