Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Jokowi : Potensi Terbesar Nias Perikanan Dan Pariwisata

Jokowi : Potensi Terbesar Nias Perikanan Dan Pariwisata

Nias | suarasumut.com — Presiden Republik Indonesia Ir.H.Joko Widodo mengungkapkan jika potensi terbesar di Kepulauan Nias adalah Pariwisata dan Perikanan. Dia meminta Pemerintah Daerah se Kepulauan Nias untuk lebih fokus pada pengembangan Pariwisata dan Perikanan.

Hal tersebut disampaikan Presiden RI Ir.H.Joko Widodo dalam arahannya pada acara ramah tamah yang digelar di Pendopo rumah Bupati Nias, Jalan Soekarno, Kelurahan Pasar, Kota Gunungsitoli, Jum’at (19/8). “Ketika hendak turun di bandara binaka, saya lihat dari atas, potensi terbesar di Kepulauan Nias ini ada dua, yaitu Pariwisata dan Perikanan. Saya berharap dua potensi ini dapat dikembangkan dengan baik dan fokus, sehingga pertumbuhan ekonomi daerah terus meningkat dengan tajam,” tutur Jokowi.

Mengenai keluhan masyarakat dan Pemerintah Daerah tentang kelistrikan, dia menyanggupi untuk menambahkan kekurangan tenaga listrik sebesar 25 MW, dan selesai bulan oktober 2016. Dia menambahkan, bila sektor pariwisata dapat dikembangkan dengan baik, pada akhir tahun 2017 akan ditambah lagi daya listrik di Kepulauan Nias sebesar 25 MW.

Soal Runwey Bandara Binaka untuk mendukung mendaratnya Pesawat Besar seperti Boing/Airbus, Presiden RI berjanji akan menambahkan panjang Runwey Bandara Binaka sepanjang 2.200 meter, dan tahap berikutnya ditambah lagi hingga sepanjang 2.800 meter.

Sebelum menutup arahannya, Presiden RI meminta agar Pemerintah Daerah dapat mendatangkan Investor yang berkaitan dengan Pariwisata dan Perikanan. Dia juga mengingatkan soal keamanan dan keterbukaan dalam menerima investor dan juga penerimaan terhadap wisatawan.

Sebelumnya, koordinator Forum Kepala Daerah se Kepulauan Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM mewakili seluruh Kepala Daerah se Kepulauan Nias mengatakan, kedatangan Presiden RI di Pendopo Bupati Nias merupakan kebanggaan bagi masyarakat Pulau Nias.

Kedatangan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo di Pendopo Bupati Nias merupakan kedatangan Presiden RI yang kedua kali, dimana Presiden RI sebelumnya yang telah mengunjungi Pendopo Bupati Nias adalah Presiden RI Ir.Soekarno.

Pada sambutannya, Bupati Nias menyampaikan beberapa harapan masyarakat Pulau Nias kepada Jokowi, diantaranya dalah perpanjangan dan pelebaran landasan Bandara Binaka sehingga pesawat yang lebih besar bisa mendarat.

Penambahan sumber daya energi listrik, pembangunan jalan lingkar Kepulauan Nias antara Nias Barat dan Nias Utara yang belum terbangun sepanjang 45 KM, pembangunan Universitas Negeri di Kepulauan Nias, dan pembentukan Provinsi Kepulauan Nias dan meminta agar moratorium pembentukan daerah baru bisa ditinjau kembali.(al/ss-ni)

Lihat Juga

Perppu Ormas Harus Dilihat Dari Prinsip Bernegara

Jakarta | suarasumut.com  –  Fraksi Partai NasDem menyatakan setuju Perppu Ormas disahkan menjadi undang-undang. “RUU ...