Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Jika Wewenang Diperluas: Kecamatan Gunungsitoli Mampu Capai PAD Rp 5 M Pertahun

Jika Wewenang Diperluas: Kecamatan Gunungsitoli Mampu Capai PAD Rp 5 M Pertahun

GUNUNGSITOLI, suarasumut.com  —  Camat Gunungsitoli Vince P Hulu kepada wartawan menjamin jika wewenang camat dalam melakukan pengutipan pajak di daerah pemerintahnya diperluas, dia menjamin bisa menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) Kota Gunungsitoli sebesar Rp 5 milliar pertahun.

Hingga saat ini akibat pembatasan daerah pengutipan pajak, Kecamatan Gunungsitoli baru bisa mendapat PAD sebesar Rp 100 juta dari Rp 1,2 milliar yang dibebankan kepada pemerintah kecamatan Gunungsitoli.

Ungkapan tersebut dilontarkan Camat Gunungsitoli Vincs P Hulu kepada wartawan ketika ditemui di ruang kerjanya bersama sekcam Gunungsitoli di kantor camat Guungsitoli, Jalan Pancasila, Kota Gunungsitoli, Selasa (15/7).

Dari penuturan camat Gunungsitoli, diketahui bahwa dari 29 desa dan 3 Kelurahan yang ada di Kecamatan Gunungsitoli, pemerintah kecamatan dilarang untuk melakukan pengutipan pajak di tiga kelurahan dan dua desa.
Tiga kelurahan yang merupakan sumber PAD terbesar di Kota Gunugsitoli yang dilarang untuk dikutip pajaknya oleh pemerintah Kecamatan menurut camat adalah Kelurahan Pasar, Kelurahan Saombo dan Kelurahan Ilir. Sedangkan dua desa lainnya adalah Desa Mudik dan Desa Boyo.

Pemerintah kecamatan gunungsitoli hanya diperkenankan mengutip pajak Hotel, pajak Hiburan, pajak Reklame, pajak Restoran dan pajak penjualan barang/benda berharga seperti formulir DP 45 di ke 29 desa yang tidak memiliki objek pajak yang telah ditentukan.
Sehingga akibat pembatasan tersebut, dia mengakui tidakbisa mencapai target PAD yang dibebankan pemerintah Kota Gunungsitoli untuk tahun 2014 sebesar Rp 1,2 milliar, tetapi jika wewenang pengutipan pajak terhadap tiga kelurahan dan dua desa yang ditangani instansi terkait di pemko Gunungsitoli diserahkan kepada pemerintah kecamatan, dia berjanji akan dapat menghasilkan PAD sebsar Rp 5 milliar pertahun.(sp/ss/gs)

Lihat Juga

Brakk!!! Mega Pro vs Vario, Satu Tewas, Satunya Lagi Kritis

TAPTENG | suarasumut.com  –  Lakalantas antara Mega Pro Bk 5800 ZAD vs Vario BB 5440 ...