Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Jepang Tertarik Kembangkan Pengolahan Air Bersih Di Sergai

Jepang Tertarik Kembangkan Pengolahan Air Bersih Di Sergai

Sergai, suarasumut.com – Sejumlah perwakilan dari beberapa lembaga negara Jepang tertarik untuk mengembangkan teknologi pengelolaan air bersih di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) khususnya pada titik-titik air disepanjang garis pantai yang untuk dipergunakan oleh masyarakat.

Seperti kita ketahui letak Sergai secara geografis berada disepanjang kawasan garis pesisir pantai timur dan hampir sebagian besar masyarakatnya tinggal pada pemukiman pesisir. Dengan kondisi demikian diharapakan dapat mengatasi persoalan dalam hal memenuhi ketersediaan dan akses terhadap air bersih yang menjadi salah satu persoalan dihadapi pemerintah dan masyarakat saat ini.

Rombongan dari Negara Matahari tersebut dipimpin konsulat Jepang untuk Medan Mr. Yuji Hamada, Sekretaris Konjen Jepang Mariati disambut secara hangat oleh Bupati Sergai Ir. H. Soekirman saat beraudiensi di ruang kerja Bupati di Sei Rampah, Senin (16/2). Turut hadir bersama rombongan tersebut Mr. Atsushi Ohno dari President IWP dan Mr. Kenji Nakasono yang merupakan perwakilan Yokohama Waters, Forum Persahabatan Sumatera-Jepang Jamharil Umeda dan Listiani Nurul Huda, dari PDAM Tirtanadi Delviyandri.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman yang didampingi Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah, M.Si, Asisten Ekbangsos Drs. H. Hadi Winarno, MM dan beberapa Kepala SKPD terkait, dalam kesempatan tersebut menyambut baik atas kedatangan para pengusaha Jepang untuk membantu Kabupaten Sergai dalam bentuk bantuan teknis sekaligus memberikan pengetahuan dan pengalaman tentang pengelolaan air bersih sehingga menjadi solusi untuk mengatasi kesulitan air terutama dikawasan pesisir.

Tidak sedikit masyarakat hingga kini masih kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan minum, cuci dan lain sebagainya. Jika ada teknologi canggih akan menjadi solusi tepat dalam menjaga ketersediaan air bersih bagi masyarakat, jelas Bupati Soekirman.

Sementara Konjen Jepang Yuji Hamada mengatakan, Kedatangan rombongan tersebut menitikberatkan pada penjelajahan (eksplorasi) mendeteksi titik air yang direncanakan untuk diproduksi menjadi air bersih dan saluran irigasi sepanjang pesisir pantai. Selain itu tim ini akan melakukan survey kelayakan selama dua hingga tiga minggu di wilayah pesisir pantai.

Disamping melaksanakan survey kelayakan, maksud dan tujuan kedatangan rombongan yang merupakan bagian dari gerakan Project People to People demi menunjang taraf hidup masyarakat Sumut, terutama mereka yang tinggal di daerah pesisir pantai yang selama ini kesulitan mendapatkan air bersih. Kedepannya diharapkan masyarakat Sergai dapat menyerap ilmu ini agar bisa melanjutkan teknologi tepat guna untuk generasi berikutnya.

“Kami berharap Pemkab Sergai dapat mendorong project people to people yang nantinya dilaksanakan di kabupaten/kota di Sumatera Utara,” papar Yuji Hamada.(pu/ss/sbg)

Lihat Juga

Terkait Mau Tampar Anggota, Kadis Pendidikan Akan Nasehati Oknum KUPT Ransel

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Terkait ocehan Oknum Kepala Unit Pelaksana Tehnik (KUPT) Dinas Pendidikan,Kecamatan Rantau ...