Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Jembatan Timbo Poriaha Rampung, PT Mujur Timber Bersama Warga Berswadaya

Jembatan Timbo Poriaha Rampung, PT Mujur Timber Bersama Warga Berswadaya

Tapteng | suarasumut.com  –  Jembatan Timbo Poriaha, desa Tapian Nauli III merupakan jalan penghubung Poriaha-Aloban-Bair. Sebelumnya memang jembatan tersebut tampak rusak parah. Namun, berkat swadaya masyarakat di bantu perusahaan setempat, lintas penghubung itu rampung diperbaiki untuk sementara.

Dalam perbaikan itu, secara bersatu dikeroyok masyarakat setempat, yang langsung dipimpin kepala desa (Kades) Tapian Nauli III, Romatua Tamba.

Dikatakan kades, jembatan yang hampir ambruk ini telah bisa dilintasi dengan adanya sokongan salah satu bantuan perusahaan kayu yang ada di wilayah Kecamatan Tapian Nauli.

“Perbaikan jembatan Timbo ini kami kerjakan secara bergotong-royong. Kami juga mengucapkan terimakasih buat perusahaan PT Mujur Timber yang turut berpartisipasi dalam perbaikan jembatan ini,” ucap Roma Tua terhadap media ini dilokasi perbaikan, Kamis (30/3/2017), sekira pukul 13.30 Wib.

Diungkapkannya, jembatan Timbo yang panjangnya kurang lebih 8 meter, dan lebar 4 meter itu diperkirakan hanya bertahan selama 3 tahun, bila fisik jalur penghubung itu rata-rata bahannya terbuat dari kayu. ”Dalam jangka waktu 3 tahun saja jembatan kayu ini bertahan. Nah, untuk sementara kita perbaiki dulu,” ucap Roma.

Warga setempat , Ammadi Hutagalung yang turut berswadaya dalam pembangunan itu menyampaikan, sebelum dibenahi tampak bentuk jembatan itu memang rapuh, bahkan secara berkesinambungan membuat pengguna jembatan merasa resah pada saat melaluinya.

“Kemarin, saya lihat ada pengendara sepeda motor jatuh, anak sekolah pula itu. Sebelumnya kami kerjakan hanya dengan bahan apa adanya yang tampak disekitar lokasi ini,” ucap Ammadi, yang diamini Pesta Hutagalung, pada saat jam istirahat.

Diantara yang 20 yang berswadaya itu turut dalam perbaikan dikerjakan Sgm Situmorang, Tangkis Hutagalung, Steven Pasaribu, Muklish Hutagalung, serta warga lainnya yang dihadiri juga pihak kemanan mewakili perusahaan PT Mujur Timber, Marunggun Hutagalung.

Direncanakan Akan Dibangun Pemkab Tahun 2018

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Kadis PU) kabupaten Tapteng, Ir Harmi Marpaung sangat berapresiasi dalam perbaikan itu dengan meberikan acungan jempol terhadap warga yang turut berswadaya dalam pembanguan itu.

Dua minggu sebelumnya, Kamis, 16 Maret 2017 disampaikan Kadis PU Tapteng bahwa jembatan Timbo tersebut akan dibangun masuk APBD 2018. “Untuk sementara, ditangani melalui swadaya masyarakat dulu, tahun depan kita perbaiki melalui APBD,” tulis Harmi via selulernya.(ph)

 

Lihat Juga

Kabupaten Karo Terima Piagam Penghargaan HAM

Karo | suarasumut.com  –  Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia tahun 2017, mengangkat tema “Kerja ...