Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› Jelang Pilkada, Plh Walikota Tebingtinggi Ajak Masyarakat Bangun Harmonisasi

Jelang Pilkada, Plh Walikota Tebingtinggi Ajak Masyarakat Bangun Harmonisasi

Tebingtinggi | suarasumut.com  –  Plh.Walikota Tebingtinggi Johan Samose Harahap, SH, M.SP buka pertemuan dengan Ormas, OKP dan LSM, Kamis (20/10) di Gedung Hj Sawiyah dan menghadirkan dua Narasumber dari Kodim 0204-DS dan Kejari Tebingtinggi.

Pertemuan mengangkat thema “Membangun Harmonisasi Kebangsaan Dan Stabilitas Daerah Terintegrasi Dengan Semangat Persatuan Dan Kesatuan Bangsa”. Ini sekaligus dalam Rangka Pembinaan / Pertemuan Ormas, OKP, LSM dan Mahasiswa se Kota Tebintinggi untuk Menyambut Hari Sumpah Pemuda.

Plh.Walikota mengatakan, bahwa pada bulan Februari 2017 kita akan menghadapi Pilkada serentak, dimana Kota Tebingtinggi ikut dalam pemilihan Kepala Daerah dan sampai saat ini hanya satu pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota yang mendaftar.

“Walaupun demikian kita harus tetap waspada, menjaga keamanan dan ketentraman agar pelaksanaan pesta demokrasi rakyat bisa berjalan lancar dan berkwalitas, maka untuk itu peran Ormas, OKP, LSM dan Mahasiswa sangat di butuhkan,”ujarnya.

Dalam Undang-Undang No.17 Tahun 2013 bahwa ormas mempunyai fungsi sebagai penyalur kegiatan sesuai dengan kepentingan anggota dan tujuan organisasi yaitu pembinaan dan pengembangan anggota, penyalur aspirasi masyarakat, pemberdayaan masyarakat, pelayanan sosial serta pemelihara pelestarian norma dan nilai etika dalam kehidupan masyarakat dan berbangsa.

Johan Samose Harahap menambahkan bahwa Mahasiswa merupakan golongan Akademis yang memiliki potensi dan kelebihan yang tidak bisa disamakan dengan rakyat biasa. Mahasiswa juga termasuk dalam golongan idealis yang memiliki keyakinan dan pemikiran yang belum terpengaruh oleh urusan Parpol atau yang lainnya.

Plh.Walikota mengajak seluruh masyakat Tebingtinggi untuk bersama-sama pada waktunya nanti memberikan hak suaranya sesuai dengan hati nurani dan keyakinannya.

“Kepada Pimpinan Ormas, OKP, LSM dan Mahasiswa agar memberikan kontribusi berpartisipasi aktif mendorong masyarakat dan membangkitkan semangat masyarakat untuk proses penyelenggaraan PILKADA yang demokratis dan berkualitas,”jelasnya.

“Dan juga berperan aktif berupa kontrol sosial yang positif untuk menghindari tindakan-tindakan anarkis yang mengarah ketindakan pidana dari oknum yang kurang bertanggung jawab,”tambahnya.

Pabung Kodim 0204-DS Mayor Inf.Makmur Siahaan sebagai narasumber mengangkat thema “Peran Ormas Menangkal Dan Mencegah Disintegrasi Bangsa“.

Disampaikannya, berbagai faktor fenomena terjadi disintegrasi bangsa yang merupakan gerakan pemisahan diri yang berangkat dari idelisme untuk berdiri sendiri,karena ketidakpuasan mendasar dari perlakuan Pemerintah, terhadap wilayah atau kelompok minoritas.

Dapat terjadi karena otonomi daerah, keadilan sosial, keseimbangan pembangunan, pemerataan dan hal-hal sejenis, dan semua itu akan dapat terpatahkan jika kita tetap menjaga kesatuan dan persatuan dengan satu tekad NKRI adalah harga mati.(ag/ss-tt)

Lihat Juga

Perppu Ormas Harus Dilihat Dari Prinsip Bernegara

Jakarta | suarasumut.com  –  Fraksi Partai NasDem menyatakan setuju Perppu Ormas disahkan menjadi undang-undang. “RUU ...