Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Jelang Natal Dan Tahun Baru Pemkab Sergai Monitoring Harga Sembako

Jelang Natal Dan Tahun Baru Pemkab Sergai Monitoring Harga Sembako

Sergai | suarasumut.com  –  Menjelang Natal dan Tahun Baru 2017 serta untuk mengetahui stabilitas harga dan stok persediaan sembako di pasar maupun tempat penjualan lainnya, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman dan Wabup Darma Wijaya beserta jajarannya melakukan peninjauan dan monitoring harga sembako di Pasar Tradisonal Sei Rampah, Jum’at (23/12).

Peninjauan dan monitoring harga sembako tersebut turut dihadiri Ketua DPRD Sergai H. Syahlan Siregar, ST, Kadis Pertanian dan Peternakan Syafrial Budi, SP, MP, Kadis Perhubungan Drs. Herlan Panggabean, Kadis Perindagsar Nina Deliana Hasibuan, S.Sos, Kasatpol PP Amir Panggabean, Kabag Perekonomian Dra. Indah Dwi Kumala, Kabag Humas Benny Saragih, Kepala Bulog Divre Medan Imran Rasidy, Camat Sei Rampah Drs. Haparuddin Saragih serta Muspika Kecamatan.

Disela-sela peninjauan Bupati Soekirman menjelaskan bahwa untuk menghadapi Natal dan Tahun baru persediaan sembako cukup dan terkendali dengan harga yang dianggap masih ambang batas normal. Bahkan beberapa komoditi yang beberapa waktu lalu sangat tinggi fluktuatif seperti cabe merah dan cabe hijau sekarang normal dikisaran Rp.65.000,-/kg dan Rp.38.000,-/kg, gula pasir stabil dikisaran Rp.15.000,-/kg, juga minyak curah normal diharga Rp.11.500.-/kg Sementara untuk harga jengkol yang sempat menjadi primadona menembus harga Rp. 60.000,-/kg sekarang turun menjadi Rp. 28.000,-/kg.

“Oleh sebab itu kami kira harga-harga sembako semuanya normal dan tidak ada masalah dalam ketersediaannya. Hanya memang untuk saat ini jumlah pembeli belum terlalu naik secara signifikan, dan mungkin akan terjadi peningkatan beberapa hari menjelang tahun baru nanti,” jelas Soekirman.

Bupati Soekirman juga menginstruksikan kepada instansi terkait untuk melakukan upaya agar harga sembako tetap stabil serta selalu memonitoring persediaan sembako yang ada di pasar sampai menjelang tahun baru nanti.

Dari hasil monitoring di pasar tradisional Sei Rampah harga sembako seperti beras IR Rp.10.500/kg, tepung terigu Rp.7.500/kg, telur ayam 1.400/butir. Untuk daging kambing harganya masih stabil yaitu Rp.80.000/kg, daging ayam eropa Rp.20.000-Rp.24.000/kg, ayam kampung Rp.35.000-Rp.40.000,-/kg, untuk harga teri nasi harganya bervariasi mulai dari Rp.90.000/kg – Rp.100.000/kg.

Sedangkan untuk daging sapi Rp.110.000.-/kg masih stabil dari mulai Hari Raya Idul Fitri. Menurut Sudarmin pedagang daging yang ada di pasar Sei Rampah, kenaikan tersebut dikarenakan pasokan daging diambil dari luar Sergai. Sementara itu untuk komoditi ikan gembung dijual dengan harga Rp.40.000,-/kg dan ikan tongkol Rp.37.000,-/kg.

Untuk harga bawang merah Rp.32.000,-/kg, bawang putih Rp.34.000,-/kg, tomat Rp.11.000,-/kg, dan gas LPG 3 Kg Rp.19.000,-/kg. Demikian juga untuk harga sayur, buah-buahan maupun harga bumbu harganya masih cukup stabil.(az/ss-sb)

Lihat Juga

Sosialisasi Seleksi, Pembinaan Calon Anggota Polri, Polres Tapteng MoU Dengan Pemkab

Tapteng | suarasumut.com –  Melahirkan serta meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi generasi muda Tapanuli ...