Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Ini Kata Kades Aek Garut Terkait Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Yang Belum Mendapat
Jpeg

Ini Kata Kades Aek Garut Terkait Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Yang Belum Mendapat

Tapteng | suarasumut.com –  Terkait rumah warga yang tidak layak huni diakui Kepala desa Aek Garut Sutan Budiharto Sitompul bahwa sebelumnya sudah dilakukan pendataan melalui beberapa kepala dusun nya.

Namun kata Kades untuk memenuhi syarat peroleh bantuan bedah rumah dari Kementerian sosial itu, salah satunya diketahuinya, harus melengkapi administrasi persyaratan kepemilikan tanah.

“Iya benar, beberapa rumah warga Desa Aek Garut ini sudah dilakukan pendataan berkisar 2 tahun silam, tetapi harus ada syarat surat tanah kepemilikan,” jelas Sutan terhadap suarasumut.com, di Dusun III Desa Aek Garut, Senin (09/10/2017).

Diungkapkannya, kebanyakan warganya yang berdomisili selama puluhan tahun di desa itu memang banyak yang tidak layak huni, tetapi sambung kades banyak warganya yang tinggal hanya menumpang tanah pada bangunan.

“Sementara berdasarkan persyaratan dari penyaluran bantuan, warga itu bisa mendapat bantuan, asalkan pemilik tanah itu memberikan surat tanah dan surat kuasa dibubuhi tanda tangan diatas materai enam ribu rupiah (Rp 6.000) ke penumpang lahan,” terang Sutan.

Pengajuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang berkisar 2 tahun silam diungkapkan Kades, ada sebanyak 30 unit rumah yang disampaikan ke Kementerian Sosial, namun setelah diseleksi dan disetujui yang menerima hanya 20 unit rumah warga Desa Aek Garut.

“Bagi yang menerima 20 KK itu masing-masing melalui ketua kelompok nya, ada 2 kelompok yang menerima itu, yakni berupa uang tunai melalui bank yang bernilai 10 juta rupiah per kepala keluarga,” beber Sutan Sitompul.

Kades Aek Garut ini berharap rumah warga nya yang menumpang terhadap pemilik tanah agar dapat diberi kuasa terhadap warganya yang menumpang pada kondisi rumah yang memprihatinkan.

“Saya juga berharap RTLH ini tepat sasaran bagi warga saya Desa Aek Garut,” pinta Sutan.

Seeperti diberitakan sebelumnya, salah satu warga desa Aek Garut dusun II Endang Suwandi yang tempati pada kondisi rumahnya kini kian dinilai tidak layak huni.(pahotan hutagalung/ss-tt)

Lihat Juga

Perppu Ormas Harus Dilihat Dari Prinsip Bernegara

Jakarta | suarasumut.com  –  Fraksi Partai NasDem menyatakan setuju Perppu Ormas disahkan menjadi undang-undang. “RUU ...