Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› HUT GOPTKI MOMENTUM GERAKAN PEMBENAHAN GENERASI EMAS ANAK BANGSA

HUT GOPTKI MOMENTUM GERAKAN PEMBENAHAN GENERASI EMAS ANAK BANGSA

HUT GOPTKI Momentum Gerakan Pembenahan Generasi Emas Anak Bangsa

Sergai, suara sumut.com – Momentum peringatan HUT ke-57 Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-kanak Indonesia ( GOPTKI ) sebagai upaya untuk merefleksikan diri sejauh mana peranan dan kontribusi yang telah dilakukan dalam gerakan pembenahan pembentukan generasi emas ( golden age ), sehingga sangat diharapkan kualitas pendidikan anak usia dini yang semakin berkualitas.

Orientasi meningkatkan kualitas pendidikan merupakan sebuah rangkaian panjang dan sinergisitas yang kompleks antara kapabilitas guru, sarana yang lengkap, lingkungan yang kondusif. Oleh sebab itu tenaga pendidik harus mengedepankan prinsip pembelajaran yang sesuai pertumbuhan fisik dengan perkembangan psikis peserta didik.Hal ini diungkapkan Bupati Serdang Bedagai ( Sergai ) Ir. H. Soekirman dalam sambutannya pada acara peringatan HUT GOPTKI tingkat Kabupaten Sergai yang dilaksanakan di aula Sultan Serdang kompleks kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Senin ( 07/04 ).

Dalam acara tersebut Sekdakab Sergai Drs. H. Haris Fadillah M.Si, Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua DPC GOPTKI Ny. Sri S. Syahrianto, Ketua DWP Ny. Hj. Imas Haris Fadillah, perwakilan FKPD, Ketua Persit KCK Kodim 0204/DS Ny. Syaeful Mukti Ginanjar, Ketua Bhayangkari Sergai Ny. Anies Benedictus, para Kepala SKPD, para Camat dan Sekcam se-Sergai, Kepala Bank Sumut Cabang Sei Rampah, Ikatan Guru TK dan pengurus Raudhatul Athfal ( RA ) se Kabupaten Sergai. Kualitas pembelajaran karakter di jenjang pendidikan pra sekolah untuk usia 0 – 8 tahun menjadi titik tolak ke jenjang pendidikan selanjutnya di masa mendatang.

Ditegaskan Bupati Soekirman, secara umum beberapa permasalahan dan kendala yang dihadapi GOPTKI sama dibeberapa sektor pendidikan yakni dalam meningkatkan SDM kompetensi tenaga pendidik untuk mengotimalkan kualitas diantaranya adalah 3K yaitu permasalahan kebijakan mengenai administrasi maupun tentang perundang-undangan dalam institusi pendidikan. Hal yang kedua adalah masalah kelembagaan menyikapi keadaan ini hendaknya ada penataan kelembagaan secara terstruktur dan tidak terpisah-pisah dan yang terakhirnya adalah membangun sikap kebersamaan.

Kegiatan HUT GOPTKI yang dirangkaikan dengan seminar menurut Bupati Soekirman merupakan bagian integral dari peningkatan kualitas SDM karena akan mendongkrak kapabilitas guru secara intelektual dan sosial dalam rangka persiapan belajar mengajar di depan kelas.Sementara itu Ketua Umum DPP GOPTKI Ny. Hj. S. Inayati S. Tarmizi dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Ketua DPC GOPTKI Sergai Ny. Sri. S. Syahrianto mengatakan pendidikan TK menduduki tempat yang sangat penting dan strategis dalam menentukan masa depan bangsa karena pendidikan merupakan kebutuhan hidup dan sebagai proses dalam pertumbuhan manusia sehingga mempunyai fungsi sosial yang berpengaruh dalam kehidupan.

Maka dari itu program yang dilaksanakan GOPTKI harus dapat mengatasi permasalahan anak dan mengantispasi dengan pendidikan yang lebih kuat dan tepat. Kita harus mengedepankan pendampingan untuk anak-anak saat baik di sekolah, rumah maupun masyarakat agar tidak terbawa arus moderenisasi zaman. Oleh sebab itu, pendidikan keorangtuaan ( parenting ) perlu diaktifkan dan lembaga-lembaga yang terkait dengan pendidikan anak usia dini dapat pro aktif untuk mengkritisi kejadian-kejadian yang tidak menguntungkan bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, ujar Ny. Hj. S. Inayati S. Tarmizi.

Sebelumnya ketua panitia penyelenggara Ny. Hj. Imas Haris Fadillah melaporkan bahwa tema yang diusung pada kegiatan HUT ke-57 GOPTKI yakni ’’Membangun Generasi Emas Melalui PAUD’’. Sedangkan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memahami perjalanan sejarah GOPTKI di tanah air, memahami napak tilas perjalanan GOPTKI dalam organisasi kewanitaan, meningkatkan dan menambah wawasan tenaga pendidik dan pendidikan serta membangun hubungan harmonis antara sesama tenaga pendidik guru TK/RA dengan pengurus GOPTKI Kabupaten dan Kecamatan.( pu/ss/srg )

Kata kunci terkait:
sejarah goptki, tema HUT GOPTKI, tanggal terbentuknya GOPTKI, acaraGOPTKI, tanggal berdiri organisasi GOPTKI, suara emas anak medan, sejarah singkat goptki, goptk adalah, Contoh tema halal bil halal GOPTKI, contoh sambutan pengurus Gop

Lihat Juga

Potensi Pasar Kentang Goreng Indonesia, Belgia Lirik Indonesia Sebagai Pasar Ekspor Utama Di Asia Tenggara

Jakarta | suarasumut.com – Industri makanan dan minuman di Indonesia tumbuh positif di sepanjang tahun ...