Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Humas Infokom Labura Laksanakan Pelatihan Kepada Jurnalis Dan Siswa
Jpeg

Humas Infokom Labura Laksanakan Pelatihan Kepada Jurnalis Dan Siswa

Aekkanopan, suarasumut.com – Bagian Humas dan Infokom Setdakab Labuhanbatu Utara (Labura) melaksanakan Peltaihan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam Bidang Komunikasi dan Informatika di Hotel Grans Labura Aekkanopan, Rabu (6/5). Kegiatan dengan narasumber tunggal Sugiatmo SAg MA tersebut diikuti sejumlah jurnalis serta pengurus OSIS beberapa SMA sederajat.

Dalam paparannya, Sugiatmo yang merupakan redaktur di Harian Analisa Medan itu menerangkan tentang bagaimana seharusnya seorang jurnalis dalam melaksanakan tugas. “Seorang wartawan professional harus mengikuti kode etik jurnalistik,” sebutnya.

Dalam melaksanakan tugasnya, seorang jurnalis dilindungi oleh Undang Undang yaitu UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Bagi yang menghalang-halangi tugas jurnalistik dapat diancam pidana kurungan maksimal dua tahun dan atau denda paling banyak Rp500 juta.

Untuk itu, para wartawan dituntut agar tidak mencampurkan opini dalam menyajikan informasi kepada masyarakat. “Seorang wartawan professional hendaknya cepat melakukan ralat jika ada kesalahan pemberitaan,”papar pria yang lulus S1 dari Fakultas Ushuluddin IAIN Medan itu.

Sebelumnya Kabag Humas Infokom Setdakab Labura Mhd Ikhsan SSTP MAP saat membuka pelatihan yang mengambil tema “Melahirkan Jurnalis yuang Profesional” itu menyebutkan, pelatihan itu dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas para jurnalis.

“Semoga dengan digelarnya pelatihan SDM ini dapat bermanfaat bagi jurnalis. Kepada narasumber agar menyampaikan pengetahuan dan keahliannya kepada peserta,” katanya seraya mengaku dirinya banyak mendapat bantuan dari wartawan yang memberikan masukan dan saling bertukar informasi.

“Sejak saya dilantik sebagai Humas pada November 2013 lalu banyak mendapat masukan dan sharing informasi dari rekan-rekan wartawan. Hal ini merupakan masukan yang berharga dalam melaksanakan tugas saya,” paparnya.

Pelatihan itu berlangsung dinamis. Banyak peserta baik dari pelajar maupun jurnalis yang menyampaikan tanggapan atau pertanyaan atas paparan yang diberikan narasumber.(kd/ss/lu)

Lihat Juga

Tidak Semua Program Dan Kegiatan Yang Telah Ditetapkan Dapat Dilakukan Oleh Pemerintah Sendiri

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Pemerintah menyadari bahwa tidak semua program dan kegiatan yang telah ditetapkan ...