Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› HKTI Labusel Buka Lahan Pertanian Hortikultura Seluas 2 Ha

HKTI Labusel Buka Lahan Pertanian Hortikultura Seluas 2 Ha

Labusel | suarasumut.com  –  Ketua Himpunan Kelompok Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Labuhanbatu Selatan Abdul Bahut Siagian SP membuka lahan pertanian untuk pencontohan tanaman hortikultura seluas 2 Ha di Dusun Pinang Awan Desa Aek Batu Kecamatan Torgamba, Minggu (26/3).

Pantauan wartawan dilokasi lahan pertanian tersebut, tampak para petani sedang melakukan aktivitas pembuatan bedengan yang nantinya akan digunakan sebagai aplikasi penanaman berbagai jenis tanaman hortikultura. Selain itu para petani juga memasang pipa air untuk penyiraman tanaman.

Menurut informasi dari salah seorang petani Anto, yang bekerja dilahan percontohan mengatakan adapun jenis tanaman hortikultura yang ditanam adalah sayur kangkung, sayur bayam dan jahe. Tujuan tanaman tersebut dilakukan agar cepat panen dan perputaran biaya tanaman dapat tercapai.

“Tujuan penanaman kangkung, bayam dan jahe ini, agar cepat menghasilkan. Karena selama 21 hari tanaman itu sudah bisa dipanen,”ujarnya.

Ketua HKTI Labuhanbatu Selatan Abdul Bahut Siagian SP mengatakan penanaman kangkung, bayam dan jahe diareal seluas 2 Ha dilakukan dengan tujuan agar cepat panen yaitu selama 21 hari, nantinya sudah bisa dipanen.

Selanjutnya, dari hasil panen tersebut akan kita lihat hasilnya. Apakah bisa menutupi biaya pelaksanaan tanaman yang kita lakukan ini mulai dari pengelolaan selama proses penanaman sampai panen, jika hasilnya memuaskan dan katakanlah berhasil. Maka hal ini akan kita sosialisasikan kepada masyarakat sebagai program HKTI Labuhanbatu Selatan, untuk melakukan bercocok tanam hortikultura.

“Harapan kita dari HKTI nantinya program bercocok tanam hortikultura ini dapat diterapkan kepada para petani maupun masyarakat yang ada di Labusel,”jelasnya.

Terpisah Kabag Humas Pemkab Labuhanbatu Selatan Muhammad Irsan, sangat mengapresiasi kegiatan dari HKTI Labuhanbatu Selatan dan berharap program bercocok tanam hortikultura tersebut berhasil dan nantinya bisa diterapkan kepada para petani.

“Kita sangat apresiasi kegiatan HKTI tersebut dan nantinya kita akan kordinasikan dengan instansi terkait agar bersama-sama memajukan para petani yang ada di Labuhanbatu Selatan,”ucapnya.(zr/ss-ls)

Lihat Juga

Kabupaten Karo Terima Piagam Penghargaan HAM

Karo | suarasumut.com  –  Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia tahun 2017, mengangkat tema “Kerja ...