Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Herman Jaya Harefa : Kepala Daerah Dilantik Sesuai AMJ Pejabat Sebelumnya

Herman Jaya Harefa : Kepala Daerah Dilantik Sesuai AMJ Pejabat Sebelumnya

Gunungsitoli | suarasumut.com — Pelantikan Kepala Daerah yang ikut Pilkada tahun 2015, disesuaikan dengan Akhir Masa Jabatan (AMJ) Kepala Daerah atau pejabat sebelumnya. Pelantikan untuk kepala daerah tingkat II Kabupaten/Kota, dibagi dalam tiga tahap sesuai AMJ pejabat sebelumnya.

Ungkapan tersebut disampaikan Ketua DPRD Kota Gunungsitoli Herman Jaya Harefa, S.PdK yang dihubungi melalui telepon seluler oleh wartawan, Jum’at (12/2).

“Kita ingin meluruskan semua kesimpangsiuran informasi yang berkembang di Kota Gunungsitoli terkait waktu dan tempat pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gunungsitoli periode 2016-2021. Dari hasil koordinasi kita dengan Kasubdit Wilayah 1, Direktorat Fasilitasi Kada dan DPRD, Dirjen Otonomi Daerah, Kementrian Dalam Negeri Andi Bataralipu, pelantikan Kepala Daerah diatur sesuai AMJ,” jelas Herman.

Hal tersebut dilakukan, karena pelantikan Kepala Daerah harus berpatokan sesuai undang undang yang berlaku, serta sesuai AMJ. Kasubdit Wilayah 1, Direktorat Fasilitasi Kada dan DPRD, Dirjen Otonomi Daerah, Kementrian Dalam Negeri mengakui Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri telah menetapkan jadwal Pelantikan Kepala Daerah tingkat Kabupaten / Kota di seluruh Indonesia untuk tahap pertama tanggal 17 Februari 2016.

Namun, tidak semua Kepala Daerah hasil pilkada serentak tahun 2015 dilantik pada tahap pertama. Pelantikan untuk level atau tingkat II Kabupaten / Kota dilakukan dalam tiga tahap sesuai AMJ Kepala daerah sebelumnya.

Untuk pelantikan tahap pertama, dilakukan tanggal 17 Februari 2016. Yang ikut dilantik adalah Kepala Daerah terpilih yang Kepala Daerah sebelumnya telah berakhir masa jabatan sebelum tanggal 17 Februari 2016.

Pelantikan tahap kedua digelar tanggal 29/30 Maret 2016, dimana Kepala Daerah yang dilantik adalah Kepala Daerah terpilih yang Kepala Daerah sebelumnya telah berakhir masa jabatan tanggal 18/19 Februari atau akhir Maret 2016.

Sedangkan untuk tahap ketiga, pelantikan dilakukan tanggal 26 Juni 2016. Kepala daerah yang ikut dilantik pada tahap ketiga adalah Kepala Daerah terpilih yang masa jabatan Kepala Daerah sebelumnya berakhir pada bulan April-Juni 2016.

Sehingga, sesuai koordinasi dengan Kasubdit Wilayah 1, Direktorat Fasilitasi Kada dan DPRD, Dirjen Otonomi Daerah, Kementrian Dalam Negeri, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gunungsitoli seharusnya dilantik pada bulan Juni 2016, sebab masa jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gunungsitoli sebelumnya berakhir April 2016.(ih/ss/gs)

Kata kunci terkait:
pelantikan walikota gunungsitoli, amj tebing tinggi, Andi sudirman Proyek kemendagri wilaya jambi, profil herman jaya harefa, walikota gunungsitoli pertama dilantik pada?

Lihat Juga

Terkait Mau Tampar Anggota, Kadis Pendidikan Akan Nasehati Oknum KUPT Ransel

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Terkait ocehan Oknum Kepala Unit Pelaksana Tehnik (KUPT) Dinas Pendidikan,Kecamatan Rantau ...