Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Hasil Tangkapan Nelayan Tradisional Bagantancap Meningkat

Hasil Tangkapan Nelayan Tradisional Bagantancap Meningkat

Tapteng | suarasumut.com  –   Pelarangan menangkap hasil laut dengan alat tangkap pukat harimau, tarik, dan hela membawa berkah bagi nelayan tradisional di Kelurahan Hajoran baik Kecamatan Pandan dan Kecamatan Badiri, mengalami lonjakan tangkapan.

“Pelarangan alat tangkap tersebut sesuai Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 2 Tahun 2015, karena dianggap merusak sumber hayati laut,”kata Nelayan Ahmad (33), Rabu (07/8).

Peningkatan hasil tangkapan nelayan tradisional itu, menurut dia jenis ikan Teri Nilon, halus. Biasanya nelayan tradisional menangkap ikan pada malam hari diperairan Badiri Dan Perairan Mursala hanya satu bulan dalam setahun dan setelah itu sudah mulai berkurang.

Namun, selama hampir satu bulan ini, nelayan terus-menerus memperoleh hasil tangkapan ikan teri, dan cukup memuaskan. Hal ini benar-benar membawa berkah bagi nelayan tersebut.

Ahmad menjelaskan, perolehan rezeki yang didapatkan nelayan tradisional, benar-benar dapat mencukupi rumah tangga mereka lebihnya dapat memperbaik alat tangkap mereka, dan harga Ikan teri saat ini juga cukup lumayan mencapai Rp40.000 per kg. Selain itu, Ikan Teri hasil tangkapan nelayan tersebut juga cukup bagus dan merupakan kualitas ikan yang jarang dapat.

“Ikan Teri dari Kelurahan Hajoran sering dikirim ke Kota Medan, Pematangsiantar, Tebingtinggi, dan beberapa daerah lainnya lainnya,”kata salah seorang nelayan.

Data yang diperoleh, nelayan yang berada di pesisir Hajoran pada umumnya adalah nelayan tradisional Bagantancap yang menggunakan alat tangkap jaring, yang mana kerjanya dilakukan pada malam hari, berangkat sore ketengah laut kembali pagi harinya walau kadang badai dihadang.(bs/ss-tt)

Kata kunci terkait:
berita tangkapan uc, mencari ikan dgn tangkapan tradisional, suara ikan teri, faktor -faktor hasil tangkapn ikan nelayan tradisonal

Lihat Juga

Bupati Labuhanbatu Hadiri Arahan Mendagri

Labuhanbatu | suarasumut.com  –  Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memberikan pengarahan kepada Forum Komunikasi ...