Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Hasil Pemeriksaan LKPD TA. 2016, Pemkab Tapteng Peroleh Opini WDP Dari BPK RI

Hasil Pemeriksaan LKPD TA. 2016, Pemkab Tapteng Peroleh Opini WDP Dari BPK RI

Tapteng | suarasumut.com  –  Sebagai hasil pemeriksanaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2016 Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) peroleh opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Provinsi Sumatera Utara di Medan.

BPK RI menilai bahwa hasil pemeriksaan LKPD Tapteng Tahun Anggaran 2016 itu masih jalan di tempat dengan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP), sama seperti kondisi Tahun Anggaran 2015.

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) tersebut secara langsung diterima Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani didampingi Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul.

Namun Opini itu menurut bupati Tapteng menjadi motivasi untuk komitmen melakukan evaluasi agar tahun berikutnya bisa memperoleh predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Ya, tahun 2015 dan 2016 ini WDP. Tapi untuk tahun 2017 nanti akan kami upayakan meraih WTP. Kita akan evaluasi mana-mana yang perlu dibenahi,” kata Bakhtiar Ahmad Sibarani usai menerima predikat penilaian itu di Audiotorium BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara di Medan, Selasa (30/5/2017).

Opini BPK RI ini merupakan penilaian profesional terhadap hasil pemeriksaan manajemen pengelolaan keuangan APBD terhadap jajaran tingkatan pemerintahan di Indonesia.

Penilaian itu merupakan kewajaran informasi dalam laporan keuangan berdasarkan kriteria kesesuaian standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektifitas sistem pengendalian intern.

Adapun jenis opini BPK RI diantaranya, Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), WTP dengan Paragraf Penjelasan (WTP-DPP), Wajar Dengan Pengecualian (WDP), dan yang terburuk opini Tidak Menyatakan Pendapat (TMP) atau disclaimer of opinion.

Pada kesempatan itu, Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara Dra. VM. Ambar Wahyuni, MM, Ak, CA menyerahkan Laporan Pemeriksaan atas LKPD TA. 2016 kepada 20 kabupaten/kota se Provinsi Sumatera Utara, yang disaksikan oleh Anggota V BPK RI Ir. Isma Yatun, MT.

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) tersebut turut dihadiri pejabat pemkab Tapteng Ketua DPRD Tapteng Syahrun Pasaribu, SE, Inspektur Tapteng Mangihut Simanullang, SE, Sekretaris DPRD Tapteng Melky Dayan Panggabean, S.Sos, Kepala BPKPAD Tapteng Zafril Abdi, SE, M.Si dan Kepala Bidang Akuntansi BPKPAD Tapteng Ridwan Gorat, SE, MM.(ph/ss-tt)

Kata kunci terkait:
Pasaribu Gorat

Lihat Juga

Pembentukan Karakter Dan Pengenalan Budaya, Unimed Latih Anak Usia Dini

Medan | suarasumut.com  –  Pendidikan karakter dan pengenalan budaya merupakan hal yang mutlak yang diberikan ...