Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Hari Guru, Guru Miliki Peran Strategis Tentukan Masa Depan Bangsa

Hari Guru, Guru Miliki Peran Strategis Tentukan Masa Depan Bangsa

Sergai | suarasumut.com  –  Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Dinas Pendidikan, Kamis (1/12) melaksanakan upacara untuk memperingati Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-71 dengan tema “Guru Mulia Karena Karya” yang dipusatkan di halaman SMPN 3 Kecamatan Tanjungberingin.

Meski diiringi dengan hujan gerimis namun upacara berlangsung khidmat. Bertindak sebagai pembina upacara Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dan dihadiri Wakil Ketua DPRD Hasbullah Hadi Damanik, Provincial Coordinator USAID PRIORITAS Sumut Agus Marwan, Kadisdik Drs. Joni Walker Manik, MM dan jajarannya, Kadis Perhubungan Drs. Herlan Panggabean, Plt. Kadis Parbudpora Drs. Santun Banjarnahor, Kabag Humas Benny Saragih, USAID Sergai Abdul Firman, Muspika Kecamatan, Camat Tanjungberingin Sudarno, SE, para Kepsek, KCD serta ribuan para guru dan pelajar SD, SMP dan SMA se-Sergai.

Dalam sambutan tertulis Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Prof. DR. Muhadjir Effendy, MAP yang dibacakan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengatakan bahwa guru memiliki peran yang amat mulia dan amat strategis. “Berbanggalah menjadi seorang guru, sebab ditangan para guru, pamong dan tenaga pendidikan, masa depan bangsa kita menjadi taruhan. Melalui anak-anak peserta didik di sekolah dan sanggar-sanggar belajar kita akan menentukan masa depan bangsa. Tidak ada sosok sukses yang tidak melewati sentuhan seorang guru. Kita bisa berdiri tegak saat ini juga karena pernah ditempa oleh guru,”ungkap Mendikbud.

Mendikbud menjelaskan sejak ditetapkan UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen, maka secara resmi guru dinyatakan sebagai pekerja profesional. Namun demikian bukan berarti sebelum itu para guru bekerja secara tidak profesional. Harus diakui bahwa hingga kini profesionalisme guru di Indonesia masih belum memenuhi harapan. Masih diperlukan upaya-upaya yang lebih keras agar pekerjaan guru di negara ini betul-betul sebagai pekerjaan profesional dimasa yang akan datang.

“Pemerintah telah bertekad meningkatkan kesejahteraan guru melalui pemberian tunjangan profesi dan tunjangan khusus bagi guru yang sudah bersertifikat pendidik.Kedepannya perlu segera dirumuskan kebijakan agar sebagian tunjangan profesi guru bisa diinvestasikan bagi peningkatan kinerja guru melalui program pelatihan dan usaha guru belajar mandiri.Beberapa kebijakan strategis untuk membentuk guru yang profesional, sejahtera, bermartabat dan terlindungi akan terus dilakukan oleh pemerintah,”jelas Mendikbud.

Upacara peringatan hari guru tersebut diwarnai dengan pemberian tali asih kepada guru yang telah memasuki masa pensiun, pertandingan bola voly jajaran Dinas pendidikan melawan para Kepala Sekolah,Tarian suku Adat Batak dan Melayu serta pembacaan puisi.(az/ss-sb)

Lihat Juga

Bupati Labuhanbatu Hadiri Arahan Mendagri

Labuhanbatu | suarasumut.com  –  Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memberikan pengarahan kepada Forum Komunikasi ...