Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Citizen Journalism ›› Hardiknas, Haris Muda Siregar Ajak Siswa/i Siap Hadapi MEA 2015

Hardiknas, Haris Muda Siregar Ajak Siswa/i Siap Hadapi MEA 2015

Aekkanopan, suarasumut.com – Ketua PD. GPA Kabupaten Labuhanbatu Utara, Haris Muda Siregar mengajak semua siswa dan pendidik agar siap menghadapi tantangan global, terutama setelah diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sejak Januari 2015. Para siswa dan pendidik dituntut mampu bersaing dengan negara lain yang mayoritas lebih maju dibanding Indonesia.

“Persaingannya bukan lagi antar sekolah, Kabupaten, maupun provinsi, namun antar negara khususnya negara-negara ASEAN,” kata Haris dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional 2015 di Aekkanopan, Senin, 4 Mei 2015.

Selain itu, pada 2020, Indonesia akan menghadapi era perdagangan bebas tingkat dunia. Karena itu, Haris berharap siswa dan para pendidik di Labura-Sumut siap dan mampu bersaing dalam berbagai aspek. “Tentunya kita harus persiapkan dari sekarang,”ujar tokoh pemuda kelahiran Aekkanopan ini.

Menurut Haris, persiapan itu meliputi cerdas secara intelektual, kuat secara emosional, dan sehat secara fisik. Apabila ketiganya dipenuhi, Haris optimistis siswa dan para pendidik bisa mengungguli negara-negara lain. “Tentunya harus juga diimbangi dengan kerja keras supaya berhasil,” tutur Mahasiswa Program Pascasarjana UMSU Medan.

Lebih lanjut Ketua PD.GPA Labura ini mengatakan, Hari Pendidikan Nasional merupakan momen yang bagus untuk menata kembali sistem pendidikan. Dia mengapresiasi pemerintah yang akan mengembalikan pendidikan pada pembentukan karakter dan akhlak mulia yang dilandasi nilai-nilai Pancasila.

Haris menambahkan, sudah saatnya pendidikan ditata secara sistematis, tidak hanya sistem parsial yang harus ditangani dinas pendidikan semata. “Akan tetapi, seluruh masyarakat harus terlibat di dalamnya,” kata Haris

Hasil riset menunjukkan bahwa sekitar 57 persen pendidikan dipengaruhi faktor keluarga dan masyarakat. Karena itu, apabila anak didik berada diluar sekolah, yang paling berpengaruh adalah keluarga dan lingkungan,“ ucap Bung Haris.(rl/ss/lu)

Lihat Juga

Kapolres : Anggota Polres Labuhanbatu Yang Beck-Up Judi Lapor Ke- Saya

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Polres Labuhanbatu terus gencar memburu pelaku perjudian diwilayah hukumnya. Terbukti dengan ...