Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Hardiknas, Bupati Mengajak Semua Lapisan Untuk Menumbuhkembangkan Pendidikan Di Labura

Hardiknas, Bupati Mengajak Semua Lapisan Untuk Menumbuhkembangkan Pendidikan Di Labura

Aekkanopan, suarasumut.com – Bupati Labuhanbatu Utara H. Kharuddin Syah, SE mengatakan manusia yang terdidik dan tercerahkan adalah kunci kemajuan bangsa. Pendidikan telah membukakan mata dan kesadaran mereka untuk membangun sebuah negeri Bhineka yang modern. Sebuah negara yang berakarkan adat dan budaya bangsa nusantara, beralaskan semangat gotong royong, tapi tetap mengedepankan dan menumbuh kembangkan prinsip kesejajaran dan kesatuan sebagi sebuah negara modern.

Hal tersebut disampiakan dalam sambutannya saat upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Lapangan Polri Aek Kanopan (02/05). Kharuddin Syah mengatakan kini Indonesia sudah 70 tahun merdeka. Kemerdekaan itu bukan hanya untuk menggulung kolonialisme, melainkan juga untuk menggelar kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Jangan sampai, Indonesia hanya tahu tentang kekayaan alam tetapi tidak tahu kualitas manusia di negeri sendiri. “Mari kita jawab tahukah kita berapa jumlah sekolah, jumlah guru, jumlah siswa, jumlah perguruan tinggi di daerah kita? Tahukah kita berapa banyak anak-anak di wilayah kita yang terpaksa putus sekolah?. Tahukah kita tentang kondisi guru-guru di sekolah yang mengajar anak-anak kita? Tahukah kita tentang tantangan yang dihadapi oleh kepala sekolah dan guru untuk memajukan sekolahnya?,” ujar Kharuddin Syah.

Ia mengatakan wajah masa depan bangsa ini berada di ruang-ruang kelas. Akan tetapi, hal itu bukan berarti bahwa tanggung-jawab membentuk masa depan itu hanya berada di pundak pendidik dan tenaga kependidikan di institusi pendidikan.

“Secara konstitusional, mendidik adalah tanggung jawab negara namun secara moral mendidik adalah tanggung jawab setiap orang terdidik. Mengembangkan kualitas manusia Indonesia harus dikerjakan sebagai sebuah gerakan bersama. Semuaharus ikut peduli, bahu membahu, saling sokong dan topang untuk memajukan kualitas manusia Indonesia lewat pendidikan,” tegasnya.

Ia mengatakan peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini kita mengambil tema ‘Pendidikan sebagai Gerakan Pencerdasan dan Penumbuhan Generasi Berkarakter Pancasila’. Menurutnya kata kunci dari tema tersebut adalah “Gerakan”. Pendidikan harus dipandang sebagai ikhtiar kolektif seluruh bangsa.

“Karena itu pendidikan tidak bisa dipandang sebagai sebuah program semata. Kita harus mengajak semua elemen masyarakat untuk terlibat. Kita mendorong pendidikan menjadi gerakan semesta, yaitu gerakan yang melibatkan seluruh elemen bangsa: masyarakat merasa memiliki, pemerintah memfasilitasi, dunia bisnis peduli, dan ormas/LSM mengorganisasi. ,” ucapnya Kharuddin Syah.(rl/ss/lu)

Kata kunci terkait:
bupati aek

Lihat Juga

Tidak Semua Program Dan Kegiatan Yang Telah Ditetapkan Dapat Dilakukan Oleh Pemerintah Sendiri

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Pemerintah menyadari bahwa tidak semua program dan kegiatan yang telah ditetapkan ...