Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› Hakim Dharma Sebut Tak Ikut Sidang Putusan Terdakwa Erwin

Hakim Dharma Sebut Tak Ikut Sidang Putusan Terdakwa Erwin

Rantauprapat, suarasumut.com – Terdakwa Erwin Fernando Tampubolon (28) warga Aek Nabara, Kabupaten Labuhanbatu telah di vonis hukuman pidana penjara 6 tahun 6 bulan di Pengadilan Negeri Rantauprapat, Rabu (4/2). Anehnya, Dharma Setiawan mengaku tidak turut dalam sidang pembacaan putusan perkara. “Saat sidang pembacaan putusan saya tidak ikut. Saat itu saya sedang sidang bersama Ketua (Pengadilan),” kata Dharma Setiawan beberapa waktu lalu di kantornya.

Informasi yang dihimpun suarasumut.com hingga Jumat (6/2), terdakwa Erwin Fernando divonis pidana penjara 6 tahun 6 bulan atas kepemilikan sabu-sabu seberat 1 gram. Tertangkapnya Erwin setelah aparat Polsek Kotapinang mengembangkan penyelidikan perkara penggunaan sabu-sabu oleh terdakwa Agus Frengky Hutagalung, Abdul Arif Dalimunthe, Ilham Wahyudi, dan Muhammad Amin Siregar.

Disebutkan dalam surat dakwaan, Erwin Fernando Tampubolon melakukan transaksi penjualan sabu-sabu kepada Agus Frengky Hutagalung, Abdul Arif Dalimunthe, Ilham Wahyudi, dan Muhammad Amin Siregar di rumah Dodi di jalan Perjuangan, Desa Pondok , Kecamatan Bilah Hulu, Kabupaten Labuhanbatu pada tanggal 27 Agustus 2014. Saat ini, Dodi masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

Walaupun proses persidangan di PN Rantauprapat, 5 terdakwa yang berhasil ditangkap aparat Polsek Kotapinang dilakukan secara bersamaan dalam berkas masing-masing (Splitsing,red), namun sidang pembacaan putusan hanya masih dilakukan atas perkara Erwin Fernando Tampubolon dengan pidana penjara 6 tahun 6 bulan tanpa pengurangan (unsur pemaaf,red) dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum, Antonius.

“Putusan sesuai tuntutan Jaksa Antonius, 6 tahun 6 bulan dengan subsider 6 bulan. Erwin. Memang ada perkara Agus dan 4 kawannya, namun diperiksa dalam berkas terpisah, split,” jelas Dharma Setiawan.

Ditanya nama hakim pengganti saat sidang pembacaan putusan perkara Erwin Fernando Tampubolon, Dharma Setiawan mendalihkan ucapan tersebut merupakan kesilapannya. “Silap itu. Banyak perkara yang saya tangani hari ini,” dalih Dharma Setiawan saat itu. (ls/ss/lb)

Lihat Juga

Sosialisasi Seleksi, Pembinaan Calon Anggota Polri, Polres Tapteng MoU Dengan Pemkab

Tapteng | suarasumut.com –  Melahirkan serta meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi generasi muda Tapanuli ...