Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Hadapi Pilkades, Pemko Gunungsitoli Gelar Sosialisasi

Hadapi Pilkades, Pemko Gunungsitoli Gelar Sosialisasi

Gunungsitoli | suarasumut.com — Dalam menghadapi Pemilihan kepala desa se Kota Gunungsitoli, Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kota Gunungsitoli melakukan sosialisasi tentang pedoman teknis pelaksanaan kegiatan pemilihan kepala desa di Kota Gunungsitoli tahun 2016.

Sosialisasi yang dibuka Wakil Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, SE, M.Si, Sekda Kota Gunungsitoli, Inspektur Kota Gunungsitoli, Kepala BPM Kota Gunungsitoli, Camat, Kepala Desa, Perwakilan Badan Permusyawaratan Desa dan Sekretaris Desa se Kota Gunungsitoli digelar di Aula Samaeri, Lantai II, Kantor Wali Kota Gunungsitoli, Jalan Pancasila, Desa Mudik, Kota Gunungsitoli, Kamis (4/8).

Pada acara sosialisasi, Wakil Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, SE, M.Si memberitahu, desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah, dan berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat, hak asal usul dan dihormati dalam sistem Pemerintahan Negara Republik Indonesia.

Namun kenyataannya tidak demikian, karena sebagian besar desa yang ada di Indonesia masih memiliki ketergantungan yang sangat tinggi kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Sehingga ini menjadi suatu dilema ketika pemerintah berniat untuk memberdayakan desa dengan memberikan alokasi dana guna pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa dengan jumlah yang cukup signifikan.

Dia mengingatkan, sesuai tuntutan UU dan Peraturan, maka harus dilakukan pemilihan Kepala Desa, karena masa jabatan Kepala Desa hanya selama enam tahun. Pemilihan Kepala Desa juga merupakan tuntutan dan kebutuhan masyarakat untuk membangun pemerintah desa yang mendapat legitimasi masyarakat sehingga dapat menghasilkan pimpinan yang berkualitas dan bermoral.

Maka dia meminta panitia pemilihan kepala desa di Kota Gunungsitoli memfasilitasi pelaksanaan Pilkades se Kota Gunungsitoli dan Camat bertanggungjawab dalam mensukseskan pelaksanaan Pilkades, serta memantau setiap tahapan dan menyelesaikan setiap permasalahan yang akan timbul.

Kepada Kepala Desa dan perangkat desa, Wali Kota meminta untuk ikut membantu dan mendorong pelaksaan Pilkades di desa masing-masing dengan menyediakan data data serta bekerjasama dengan BPD dan Panitia.

Pengurus dan anggota BPD diminta melaksanakan tugas sebaik baiknya dengan menetapkan panitia dan memantau pelaksanaan Pilkades sampai terpilihnya Kepala Desa di wilayah masing-masing, dan panitia Pilkades harus dapat bekerja secara optimal dan profesional sehingga Pilkades berjalan sesuai dengan UU yang berlaku.

Tidak lupa dia mengimbau masyarakat, khususnya yang desanya akan melaksanakan Pilkades untuk terlibat langsung, supaya tercipta Pilkades yang jujur, bersih, dan beretika demi menghasilkan pemimpin desa yang dapat membawa dan melaksanakan amanah rakyat sebaik baiknya.(sw/ss-gs)

Kata kunci terkait:
sekda gusit

Lihat Juga

Ika Bina En Pabolo Adventure 1 Labuhanbatu Diikuti 430 Riders Roda 2 Dan 70 Off Roader

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Event bergengsi “Ika Bina En Pabolo Adventure 1 Labuhanbatu” yang dilaksanakan ...