Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Hadapi MEA, Pemkab Nias Komitmen Tingkatkan Pembangunan Koperasi

Hadapi MEA, Pemkab Nias Komitmen Tingkatkan Pembangunan Koperasi

Nias, suarasumut.com — Dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Pemerintah Kabupaten Nias akan terus berkomitmen meningkatkan perannya dalam membangun koperasi.

Peningkatan dilakukan melalui berbagai kebijakan dan program yang bersifat meningkatkan sumber daya manusia (SDM) Koperasi, pembiayaan, pemasaran, keuangan dan teknologi.

Hal tersebut disampaikan Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli, MM dalam arahannya pada acara peringatan Hari Koperasi Ke-68 Tahun 2015 yang digelar Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Nias di gedung serba guna, kantor Camat Hiliserangkai, Selasa (8/9).

Bupati Nias memberitahu, tahun ini Pemkab Nias mengeluarkan dana bergulir sebesar Rp. 1 milliar, dan akan melaksanakan pelatihan bagi pengurus dan pengelola Koperasi di Kabupaten Nias.

“Peringatan HUT Koperasi Indonesia ke-68 tahun ini bertema “Memperkokoh Koperasi Sebagai Soko Guru Perokonomian”. Maka, Pemkab Nias dalam memperkokoh Koperasi sebagai Soko Guru Perekonomian Nasional, sepakat membangun Koperasi di Kabupaten Nias lebih berkualitas dan mampu berperan dalam perekonomian Nasional,” ujar Bupati Nias.

Tidak lupa dia menegaskan, Koperasi bukan hanya sebagai mesin pertumbuhan ekonomi, tetapi juga berperan dalam penyerapan tenaga kerja untuk mengurangi pengangguran.

Pada kesempatan yang sama, ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah Kabupaten Nias (Dekopindo) Mareti Waruwu mengungkapkan, koperasi di Kabupaten Nias membutuhkan support dari Pemda, khususnya dalam segi permodalan dan pelatihan bagi anggota koperasi.

Sehingga koperasi yang ada di Kabupaten Nias dapat berjalan dengan baik, dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Nias.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Nias Drs. Wa’ozatulo Harefa juga pada saat bersamaan mengajak seluruh anggota Koperasi di Kabupaten Nias, supaya melanjutkan pemberdayaan Gerakan Koperasi sebagai Soko Guru ekonomi yang pro rakyat.

Caranya adalah dengan memasyarakatkan Koperasi dan mengkoperasikan masyarakat menjadi pecinta-pecinta Koperasi. Sehingga Koperasi yang sekarang ada di Kabupaten Nias sebanyak 123 unit, dan 977 UKM dapat menjadi wadah dan Soko Guru ekonomi rakyat yang mantap dalam berbagai bidang.

Sesuai pantauan wartawan, acara peringatan Hut Koperasi yang dihadiri Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu, SH, MH, Unsur Muspida Kabupaten Nias, Staf Ahli Bupati Nias, Asisten Sekda Kabupaten Nias, Kaban/Kadis Lingkup Kabupaten Nias, dimeriahkan berbagai kegiatan.

Kegiatannnya adalah penilaian Koperasi berprestasi, lomba koor mars koperasi, lomba cerdas tangkas terampil (LCTT) koperasi dan pameran hasil kerajinan tangan dan industri rumah tangga.

Bersamaan dengan itu, Bupati Nias juga menyerahkan piagam penghargaan, Tropi, hadiah dan bantuan dana pembinaan bagi Koperasi berprestasi. Koperasi yang terpilih adalah juara I Koperasi Dinas Kesehatan (Kalpataru) Kabupaten Nias , juara II KSU Soguna dari desa Tuhegeo II, Kecamatan Hiliduho dan juara III Koperasi Dinas Koperasi dan UKM (Karya) Kabupaten Nias.

Sedangkan peraih piala bergilir Bupati Nias pada Lomba Koor Mars Koperasi, juara I KSP Mutiara dari Desa Sisobahili Tanose’e, Kecamatan Hiliduho, juara II KSP Saro Ohito dari Desa Hilinaa Tafuo, Kecamatan Idanogawo, dan juara III KSU Haga dari Desa Fadoro Lalai, Kecamatan Hiliserangkai.(ih/ss/ni)

Lihat Juga

Toko Mas Mutiara Disantroni Maling Di Siang Hari

  Tanjungleidong | suarasumut.com  –  Warga Kelurahan Tanjungleidong Kecamatan Kualuhleidong Kabupaten Labuhanbatu Utara dihebohkan adanya ...