Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Gubsu PATEN-kan Ekspo Karang Taruna Tingkat Provinsi Di Labuhanbatu

Gubsu PATEN-kan Ekspo Karang Taruna Tingkat Provinsi Di Labuhanbatu

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Gubernur Sumatera Utara, Dr. Ir. H. Tengku Erry Nuradi M.Si, Patenkan Ekspo Karang Taruna Se- Provinsi Sumatera Utara yang digelar di Lapangan Ika Bina Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu. Sabtu (23/12). Dalam kesempatannya, Dr. Ir. H.Tengku Erry Nuradi M.Si, menyampaikan, bahwa kegiatan Ekspo ini dapat terlaksana atas adanya hubungan baik antara Karang Taruna dengan Stake Holder Provinsi Sumut dan Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu sebagai panitia pelaksana kegiatan.

“Ini adalah hasil tangan terampil dari warga Karang Taruna yang berasal dari seluruh desa/kelurahan, kabupaten dan kota se- Sumatera Utara, serta merupakan ekspresi dan inovasi dalam menciptakan peluang usaha-usaha baru dalam memperkecil pengangguran di Sumut,”ujar Tengku Erry.

Untuk itu, Gubernur meminta, nantinya hasil ekspo tersebut dapat dipasarkan dan dapat dikonsumsi masyarakat luas, sehingga bisa bangga terhadap produk di negeri sendiri. Serta, Karang taruna diharapkan dapat berperan aktif dalam mengentaskan kemiskinan di Sumatera Utara.

“Ini merupakan upaya generasi muda Karang Taruna dalam peningkatan kreatif, berwira usaha, dan harus menjadi tuan rumah dinegeri sendiri. Banyak pejabat yang memulai karirnya dari dunia usaha, dan layak untuk menjadi contoh bagi kita semua,”bilang Tengku Erry.

Disamping itu, Gubsu mengucapkan terima kasih kepada Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap SE,M.Si dan Karang Taruna yang telah membangkitkan kewira-usahaan masyarakat melalui pelaksanaan Ekspo Karang Taruna Tahun 2017 se- Provinsi Sumatera Utara yang digelar di Lapangan Ika Bina Rantauprapat.

“Terima kasih kepada Bupati Labuhanbatu yang telah berkenan sebagai pelaksana ekspo ini, saya yakin pemerintah yang didukung Karang Taruna akan terpilih kembali dimasa periode mendatang, dan banyak sudah buktinya,”sebut Gubernur.

Lebih jauh, Ketua DPD Partai Nasdem Provinsi Sumatera Utara ini berkomitmen, akan tetap mendukung seluruh kegiatan Karang Taruna sebagai langkah dan upaya pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan, serta menumbuh-kembangkan kreatifitas anak bangsa kedepan.

“Dengan Pak Pangonal Harahap memberikan bantuan mobil kepada Karang Taruna di Labuhanbatu, saya harap bisa dicontoh oleh kabupaten lainnya, dan saya melalui pemerintahan juga akan memberikan 2 unit mobil untuk Pengurus Karang Taruna Provinsi Sumatera Utara,”ujar Gubsu sembari membuka Ekspo Karang Taruna 2017 se Provinsi Sumatera Utara tersebut.

Sementara, Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap SE,M.Si melalui pidatonya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara atas kepercayaan yang diberikan terhadap Kabupaten Labuhanbatu sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan Karang Taruna Ekspo Provinsi Sumatera Utara Tahun 2017.

“Event ini tentunya memberikan keuntungan bagi berbagai sektor di Kabupaten Labuhanbatu, dalam mewujudkan Karang Taruna sebagai wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang serta bergerak di bidang usaha kesejahteraan sosial,”ujar Pangonal.

Ketua DPC PDI-P Kabupaten Labuhanbatu ini mengharapkan, Karang Taruna harus tetap berkomitmen dan konsisten untuk berperang melawan pengangguran, kemiskinan dan persoalan sosial bangsa Indonesia umumnya khusus di Labuhanbatu.

“Karang Taruna harus bisa menjadi agen perubahan, harus peka serta peduli terhadap persoalan sosial yang mendera masyarakat dan kaum muda, serta harus dapat hadir dan ikut serta menumbuh-kembangkan aspek etis dan moralitas dalam bertindak pada setiap dimensi kehidupan,”sebut Bupati.

Disisi lain, Bupati Labuhanbatu menambahkan, Karang Taruna juga harus terua bergerak dan konsisten berperang melawan bahaya narkoba dan penyakit masyarakat lainnya.

“Mari kita perkuat persatuan dan kesatuan, serta rasa kesetiakawanan sosial diantara kita khususnya Karang Taruna, serta jadikan event ini sebagai media untuk saling bertukar informasi yang sifatnya membangun, sehingga nantinya dapat dikembangkan setelah kembali ke Kabupaten/kota masing-masing,”pinta Pangonal.

Selanjutnya, Ketua Karang Taruna Provinsi Sumatera Utara, H.Solahuddin Nasution SE,M.Si, mengatakan, pada kegiatan Ekspo ini, mengucapkan Apresiasi kepada Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap SE,M.Si, yang telah memfasilitasi pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Ini merupakan karya nyata Karang Taruna Sumut yang tidak cengeng, dan akan terus diberdayakan hingga ke tingkat Desa/Kelurahan serta Kabupaten/Kota di Sumut, sebagai upaya kami menjadikan Sumut Paten,”bilangnya.

Tambah Solahuddin, Karang Taruna, selain tetap konsisten untuk mendukung dan mewujudkan SUMUT Paten kedepan, juga berkomitmen dalam program peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui konsep pembinaan kreatifitas sebagai mitra pemerintah yang Satu.

“Karang Taruna sangat tabu apabila berseberangan dengan pemerintah, ‘Matahari’ harus satu, dan tentunya Karang Taruna tetap konsisten untuk mendukung pemerintah, sama halnya kepada seluruh pengurus di Kabupaten/Kota, saya tegaskan harus mendukung pemerintah,”tegasnya.

Kegiatan Karang Taruna Expo itu diikuti sejumlah kabupaten/kota yakni, Padanglawas, Tapanuli Tengah, Pematang Siantar, Labuhanbatu Utara, Mandailingnatal, Batubara, Tanjungbalai, Dairi, Humbanghasundutan, Sibolga, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu, Padangsidempuan, Simalungun, Medan, Asahan, Karo, Tebingtinggi, Serdangberdagai, Langkat, Tepanuli Tengah.

Serta, diwarnai dengan pemberian Bantuan Usaha Ekonomi Produktif yang diserahkan Gubernur Sumatera Utara, Dr. Ir. H Tengku Ery Nuradi M.Si, dan diterima sebanyak 44 Desa/Kelurahan Se- Provinsi Sumut yakni, Desa Kampung Kapas Kecamatan Sinunukan Mandiling Natal berupa mesin Genset.

Kemudian, Kelurahan Perdamean, Kecamatan Rantau Utara-Labuhanbatu, berupa Mesin Potong Besi, Desa Biugsu Barat Kecamatan Parmaksian Toba Samosir (Trafo Las), Desa Simoang Pining Kecamatan Ulu Pungkut Mandailing Natal (Mesin Cainshaw).

Selanjutnya, sejumlah Desa/Kelurahan penerima bantuan Mesin Jahit yakni, Kelurahan Jati Makmur Kecamatan Binjai Utara Binjai, Desa Tebing Tanjung Selamat Kecamatan Padang Tualang Langkat, Kelurahan Helvetia Tengah Kecamatan Helvetia Medan, Kelurahan Tukka Kecamatan Tukka Tapanuli Tengah.

Lalu, Kelurahan Bagelen Kecamatan Padang Hilir Tebingtinggi, dan Kelurahan Damuli Kebun Kecamatan Kualuh Selatan Labuhanbatu Utara, Desa Tanjung Putus Kecamatan Padang Tualang Langkat, Desa Suka Damai Kecamatan Hinai Langkat, Kelurahan Lalang Kecamatan Medan sunggal Medan, Desa Lumbanga Binanga Kecamatan Uluan Toba Samosir, dan Kelurahan Sioldengan Kecamatan Rantau Utara-Labuhanbatu.

Selain itu, sejumlah Desa/Kelurahan penerima bantuan berupa mesin kompresor yakni, Desa Bangun Kecamatan Parbuluan Dairi, Desa Candirejo Kecamatan Biru-biru Deli Serdang, Desa Perdamean Kecamatan Tanjung Morawa Deli Serdang, Desa Tanah Merah Kecamatan Dalang Deli Serdang, Desa Pulo Jantan Kec Na lx-x Labuhanbatu Utara, Kelurahan Titi Papan Kecamatan Medan Deli Medan, dan Desa Pasar Ipuh Kecamatan Ulu Barumun Padang Lawas.

Serta, Desa Paringonan Kecamatan Ulu Barumun Padang Lawas, Desa Sei Bamban Kecamatan Sei Bamban Serdangbedagai, Desa Sorimanaon Kecamatan Batang Angkola Tapanuli Selatan, Kelurahan ujung Bandar Kecamatan Rantau Selatan Labuhanbatu, Kelurahan Langga Payung Kecamatan Sungai Kanan Labuhanbatu Selatan, dan Kelurahan Tegal Sari Kecamatan Kisaran Barat Asahan.

Terakhir, Desa Stampa Simatoras Kecamatan Angkola Selatan Tapanuli Selatan menerima Mesin Press mug, Nagori Bosar Kecamatan Panombeian Panei Simalungun (Mesin Potong Rumput), Desa Pelanggan Laut Tador Kecamatan Sei Suka Batubara (Bor Duduk, Gergaji Bunga), Desa Lama Kecamatan Hamparan Perak Deli Serdang (Freezer).

Kemudian, Kelurahan Merdeka Kecamatan Siantar Timur Pematang Siantar (Bunga Suyok), Kelurahan Sori Nauli Kecamatan Minang Sori Tapanuli Tengah (Mesin Perontok Padi), Desa Sitinjo Kecamatan Sitinjo Dairi (Mesin Pengiris Pisang), Desa Sumberrejo Kecamatan Lima Puluh Batubara (Mesin Pompa Air), dan Desa Suka Kecamatan Tiga Panah Karo (Oven Gas).

Selanjutnya,Nagori Karang Sari Kec Gunung Maninnggas Simalungun menerima (Oven Gas), Kelurahan Mutiara Kecamatan Kisaran Timur Asahan (Oven Gas), Desa Lolo Maya Kecamatan O’O’U Nias Selatan (Oven Gas), Desa Lili Dundra Kecamatan Lotu Nias Utara (Oven Gas), Kelurahan Pabatu Kecamatan Padang Julu Tebing Tinggi (Oven Gas),Desa Rumah Kabanjahe Kecamatan Kabanjahe Karo (Oven Gas), dan Desa Hamparan Perak Kecamatan Hamparan Perak Deli Serdang (Mesin Printer).(ab/ss-lb)

Lihat Juga

Pengurus FKUB Kabupaten Nias Periode 2018 – 2023 Dibentuk

Nias | suarasumut.com  –  Pemerintah Kabupaten Nias membentuk pengurus Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) periode ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *