Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Gubsu Lantik Walikota Tebingtinggi Dan Bupati Tapanuli Tengah

Gubsu Lantik Walikota Tebingtinggi Dan Bupati Tapanuli Tengah

Tebingtinggi | suarasumut.com  –  Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Tengku Erry Nuradi melantik dua pasangan kepala daerah hasil dari Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang digelar pada 15 Februari lalu. Pelantikan yang digelar di Aula Martabe Kantor Gubsu ini dilakukan secara serentak diseluruh Indonesia terhadap kepala daerah hasil Pilkada yang sudah habis masa jabatannya.

Kedua pasangan kepala daerah yang dilantik tersebut yakni Umar Zunaidi Hasibuan-Oki Doni Siregar untuk Wali Kota-Wakil Wali Kota Tebingtinggi dan Bakhtiar Ahmad Sibarani – Darwin Sitompul sebagai Bupati-Wakil Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng).

“Hari ini kita melantik kepala daerah hasil Pilkada yang lalu. Pelantikan ini dilakukan secara serentak khusus untuk kepala daerah dan wakil yang sudah berakhir masa jabatannya. Jadi kalau sudah berakhir hari ini dilantik secara serentak di seluruh Indonesia, kalau belum akan ditunggu sampai berakhir masa jabatannya,”ujar Erry, Senin (22/05/2017).

Untuk tahun 2017 ini kata Erry, hanya ada dua daerah di Sumut yang menggelar Pilkada yakni Tapanuli Tengah dan Tebingtinggi dan kedua kepala daerah ini sekarang sudah dikukuhkan karena masa jabatan untuk periode yang sebelumnya sudah berakhir.

“Kepada Walikota Tebingtinggi dan wakilnya serta Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Tengah, saya harap bisa merangkul kembali semua komponen masyarakat yang mungkin karena pilkada terpecah dan terkotak-kotak, mari kita rangkaikan kembali untuk bangun daerah masing-masing,”jelas Gubsu.

Seperti diketahui, pelantikan kepala daerah hasil Pilkada tahun 2017 yang dilakukan secara serentak bagi yang sudah habis masa jabatannya ini sesuai dengan UU RI Nomor 10/2016 tentang perubahan kedua atas undang-undang nomor 1 tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti undang-undang nomor 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota, pasal 164A dan 164B. Dalam aturan itu disebutkan bahwa pelantikan dilakukan serentak, menurut masa jabatan atau periodesasi kepala daerah yang paling akhir.(ag/ss-tt)

Kata kunci terkait:
Bupati Tapanuli tengah

Lihat Juga

Bupati Labuhanbatu Hadiri Arahan Mendagri

Labuhanbatu | suarasumut.com  –  Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memberikan pengarahan kepada Forum Komunikasi ...