Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Gelar Tengku Pangeran Indera Diraja Untuk Gubsu

Gelar Tengku Pangeran Indera Diraja Untuk Gubsu

Tebingtinggi | suarasumut.com  –  Gelar Kebangsawanan Melayu Kerajaan Padang Tengku Pangeran Indera Diraja dianugrahkan kepada Gubernur Sumatera Utara DR.Ir.H.T.Erry Nuradi M.Si oleh Penghulu Adat Kerajaan Negeri Padang Tengku Nurdinsyah Al-Hajj.

Anugrah gelar tersebut diberikan, Senin (24/7) serangkaian acara Halal Bil Halal di GOR Asber Nasution, dihadiri Walikota Tebingtinggi H.Umar Zunaidi Hasibuan dan Unsur FKPD serta para pemangku adat dari berbagai daerah di Sumatera Utara.

Gubernur Sumut H.T.Erry Nuradi menyampaikan Anugrah yang diberikan ini punya nilai strategis dimana Provinsi Sumatera Utara yang Pluralis terdiri dari banyak etnis, dan ini sebagai pemersatu dalam mencegah paham Radikalisme dan Terororisme.

Kita datang dari berbagai etnis dan budaya merupakan suatu kultur termasuk budaya Melayu, dalam kondisi saat ini mengharapkan budaya santun dan hormat itu tetap terjaga dengan baik yang berawal dari kultur yang kita miliki.

Dikatakan Gubsu, penganugrahan gelar ini bukanlah untuk menghidupkan kembali Feodalisme atau mengkultuskan seseorang, melainkan untuk menjaga akar budaya yang kita miliki dan merupakan kekayaan dari bangsa ini.

“Pemerintahan punya kepentingan untuk memelihara adat istiadat bangsa ini yang merupakan alat pemersatu menjaga keutuhan NKRI, untuk itu jadilah sebagai jarum sebagai alat perekat apalagi dijalin dengan benang. Orang hidup bekalang adat, orang mati bekalang tanah, tingkatkan terus sinergiritas membangun umat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”ujarnya.

Sebelumnya Walikota Tebingtinggi H.Umar Zunaidi Hasibuan, mencintai budaya merupakan salah satu pembentukan karakter bangsa yang akhir-akhir ini kondisinya memprihatinkan, dengan kegiatan semacam ini sekaligus mengenalkannya kepada generasi muda.

“Pemerintah Kota Tebingtinggi kedepannya akan berupaya moment-moment seperti ini menjadi sebuah kelender tetap yang akan dilaksanakan setiap tahunnya,untuk itu kami sengaja mengundang para pelajar SMA untuk menyaksikan kegiatan ini sekaligus memperkenalkan budaya kita,”kata Walikota.

Diharapkan Walikota para sultan dapat bekerjasama dengan Pemerintah Kota Tebingtinggi menjaga keutuhan NKRI dengan berbagai kegiatan terutama mendukung program Pembangunan yang dilakukan.

Sementara Penghulu Adat Kerajaan Negeri Padang Tengku Nurdinsyah Al-Hajj menyatakan pemberian anugrah Kebangsawanan Melayu Kerajaan Padang ini diberikan kepada para tokoh-tokoh setelah melalui tahapan-tahapan penilaian,terutama pengabdian terhadap bangsa dan negara RI

Selain itu juga para tokoh tersebut secara konsisten tetap berkomitmen menjaga kelestarian adat budaya khususnya Melayu.

Selain Gubsu H. T.Erry Nuradi yang memperoleh gelar, juga diberikan kepada H.OK.Zulkarnain Aspemmum Gubsu Datuq Panglima Setia Diraja, Dharma Wijaya (Wakil Bupati Sergei) Datuq Setia Amanah dan Zulham Datuq Penggawa Menteri.

Dalam acara tersebut dilakukan pula Pengukuhan Penghulu Adat Kerajaan Negeri Padang Deli, Pelantikan Pengurus ISMI Kota Tebingtinggi dan Pengukuhan Relawan Komunitas Pemenangan Tengku Erry (Kompoten).(ag/ss-tt)

Lihat Juga

Pembentukan Karakter Dan Pengenalan Budaya, Unimed Latih Anak Usia Dini

Medan | suarasumut.com  –  Pendidikan karakter dan pengenalan budaya merupakan hal yang mutlak yang diberikan ...