Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› “Gelapkan” Bantuan Ternak Sapi, Kejari Rohil Diminta Usut Pengurus Koptan Makmur

“Gelapkan” Bantuan Ternak Sapi, Kejari Rohil Diminta Usut Pengurus Koptan Makmur

Baganbatu | suarasumut.com  –  Pengurus Koptan Makmur yang berdomisili di Desa Salak Kecamatan BASIRA (Bagan Sinembah Raya) diduga kuat menggelapkan bantuan ternak sapi yang bersumber dari Pusat T.A 2016 melalui program Direktorat Kementerian Peternakan yang diperuntukan bagi masyarakat setempat.

Pasalnya, bantuan sapi yang berjumblah 25 ekor tersebut tidak tersalur kepada anggota kelompok tani, padahal menurut petunjuk tehnisnya bantuan 25 ekor sapi dimaksud seharusnya diperuntukan untuk anggota, bukan dikuasai secara pribadi atau perseorangan.

Akibatnya, anggota Koptan Makmur merasa dirugikan dengan kejadian ini, sebab sebelumnya dalam permohonan untuk memperoleh bantuan sapi ini pihak pengurus koptan meminta tanda tangan masyarakat sebagai syarat untuk mendapatkan bantuan.

Namun setelah memperoleh bantuan, dengan seenaknya MJ selaku ketua Koptan menguasai bantuan tersebut tanpa memperdulikan masyarakat yang tergabung dalam Koptan Makmur .

Ironisnya, Penghulu Desa Salak Abdul Karim malah tidak mengetahui kalau masyarakatnya memperoleh bantuan ternak sapi sebanyak 25 ekor dalam bentuk hibah yang bergulir, Karim menjelaskan kalau dirinya menolak ketika MJ meminta dirinya untuk menandatangani surat pernyataan hibah sebidang tanah yang rencananya untuk lokasi kandang sapi nantinya.

“Saya tidak mau teken surat hibah itu karena tidak ada dasar Hukumnya, tidak boleh Suami menghibahkan tanah pertapakan untuk pendirian kandang sapi kepada isterinya, yang ada hibah Ayah kepada anaknya, hibah Kepala Desa kepada masyarakatnya, atau kata lain Hibah seseorang kepada yang lain, bukan hibah suami kepada isterinya demi melegalkan prosedur sebagai persyaratan agar kandang dapat berdiri sebagai syarat kelayakan yang dimaksud,”ungkapnya.

Sebelumnya, informasi yang diperoleh suarasumut.com dari masyarakat, Senin,(20/02) menyebutkan, jika beberapa bulan sebelumnya masyarakat didaftar lewat pengisian formulir dengan memberikan KK dan KTP guna melengkapi persyaratan, tapi alangkah kecewanya mereka saat sapi bantuan tersebut diperoleh, mereka (anggota Koptan) tidak mendapatkan informasi, “bukankah bantuan sapi tersebut diperuntukkan untuk Masyarakat yang ekonominya kurang mampu? tanya mereka kepada suarasumut.com, Senin (20/02).

Danramil 0321 Bagan Sinembah Kap.Inf. Sitorus sebagai pendamping Kelompok Tani Peternak Makmur ketika diKonfirmasi, Rabu ( 22/02) mengatakan, segera memanggil seluruh pengurus Kelompok Tani Peternak, bahkan PPL nya pun akan diundang guna menjelaskan duduk perkara sebenarnya.

Hal ini dilakukan agar bantuan yang seharusnya dikelola masyarakat, akan benar-benar berjalan sesuai petunjuk tehnis dan pelaksanaannya. (ta/ss-ri)

Kata kunci terkait:
bantuan ternak sapi di deli serdang

Lihat Juga

Bupati Pangonal: Satpol PP Yang Tidak Terindikasi Narkoba, Kontraknya Diteruskan

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Upaya peningkatan pelatihan tekhnis operasi pada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol ...